• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 91 ) Mar 14, 2024

Universitas Chiba Jepang Lakukan Penjajakan Kerjasama Riset dengan Pusat Riset Antariksa BRIN


Pontianak - Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Pontianak menerima kunjungan dari Universitas Chiba Jepang dalam rangka penjajakan kerjasama riset dengan Pusat Riset Antariksa dan Universitas Chiba Jepang pada Rabu (13/03).


Kerjasama ini bertujuan untuk menjalankan riset yang fokus pada pemahaman terhadap ionosfer bawah, khususnya pada lapisan D ionosfer, yang berada pada ketinggian sekitar 60 kilometer dari permukaan Bumi.


Dalam pertemuan Kepala Pusat Riset Antariksa (PRA) BRIN, Emanuel Sungging Mumpuni, serta perwakilan dari Universitas Chiba, Profesor Ohaya, memaparkan visi dan potensi kolaborasi dalam riset ini. Salah satu fokus utama riset ini adalah pemahaman terhadap fenomena gelombang Very Low Frequency (VLF) yang dihasilkan oleh aktivitas elektris di atmosfer, termasuk di antaranya adalah akibat dari petir.


Sungging menjelaskan bahwa Gelombang VLF memiliki peran yang sangat penting dalam pemahaman atmosfer Bumi, terutama dalam kaitannya dengan kelistrikan atmosfer dan dampaknya terhadap presipitasi partikel sabuk radiasi. Fenomena ini telah menjadi objek riset yang menarik bagi para ilmuwan, karena dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang dinamika atmosfer, proses kopling magnetosfer-ionosfer-atmosfer, ujarnya.


“Kerjasama riset ini diharapkan dapat menghasilkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang perilaku ionosfer bawah dan mesosfer, terutama dalam hal respons terhadap aktivitas atmosfer seperti petir,” pungkas Sungging.


Sementara itu, Profesor Ohaya menyampaikan terima kasih dapat berkolaborasi dengan BRIN dalam riset yang sangat menarik ini. “Kami yakin bahwa dengan menggabungkan keahlian dan sumber daya dari kedua belah pihak, kita dapat mencapai terobosan yang signifikan dalam pemahaman tentang atmosfer Bumi,” ujarnya. (msr)