• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 163 ) May 24, 2024

Terima Kunjungan Mahasiswa UPI, BRIN Kenalkan Fasilitas Lab


Cibinong – Humas BRIN. Sebanyak 192 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang dari Program Studi Pendidikan Kelautan dan Perikanan (PKP) dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan tiga dosen pendamping mengunjungi Integrated Laboratory of Bioproduct (iLaB), Laboratorium Genomik dan Koleksi Zoologi di Gedung Keanekaragaman Hayati (Kehati) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Soekarno, Cibinong, pada Rabu (22/5).


Salah satu dosen, Himawan Prasetyo, menyampaikan keingintahuan kampusnya terhadap fasilitas dan potensi riset ke depannya dengan berkunjung ke BRIN. “Saat ini riset membutuhkan kolaborasi dan kami berupaya untuk memetakan rencana riset yang berkaitan dengan perikanan, kelautan, dan sumber daya rumput laut. Fasilitas riset di KST Soekarno semakin bagus dan semoga dapat publikasi bersama diabadikan dengan riset bersama,” harap Dosen Pengampu Mata kuliah Biokimia di UPI Serang tersebut.


Maya Ismayanti, Manager iLaB BRIN yang menerima kunjungan mengatakan, iLaB merupakan salah satu sarana infrastruktur riset inovasi yang ada di BRIN dan semoga mahasiswa UPI Kampus Serang memiliki ketertarikan terhadap dunia penelitian sehingga kunjungan ini ke depan akan berlanjut. “Dengan mengunjungi beberapa fasilitas yang ada di BRIN dapat menjadi referensi untuk tugas akhir,” tandasnya.


Tak lupa Maya memaparkan fasilitas-fasilitas riset yang ada di iLaB dan program-program yang bisa dikerjasamakan antara BRIN dan UPI Kampus Serang antara lain program beasiswa, program MBKM, riset asisten mahasiswa yang melakukan tugas akhir, dan mengikuti lomba karya tulis ilmiah. “Saya rasa program-program ini akan bermanfaat ke depannya,” katanya.


Dirinya menerangkan iLaB dibangun tahun 2019 terdiri dari gedung dua lantai dengan luas 3379 m2 dengan area workshop. Konsep integrasi iLaB ini mencakup karakterisasi bahan baku bioproduk, proses pembuatan bioproduk, pengembangan metode uji bioproduk yang terstandarisasi, pengujian, sertifikasi mutu, kehandalan dan kehalalan bioproduk. “Saya berharap, kedepannya iLaB dapat lebih banyak dimanfaatkan stakeholder seperti akademisi, industri dan tentunya masyarakat umum,” tambahnya.


Pada kesempatan yang sama Ketua Program Studi Pendidikan Kelautan dan Perikanan Kampus UPI Serang, Kukuh widianto menuturkan kunjungan ini sebagai “Visiting Lab Class” untuk memberikan gambaran ke teman-teman mahasiswa tidak hanya teori saja, tetapi membuka wawasan dan pemahanan atas kemajuan teknologi saat ini ke BRIN yang menyebar di seluruh Indonesia dan salah satunya ada di Cibinong.


Lebih lanjut Kukuh menyampaikan Indonesia merupakan negara dengan biodiversitas tinggi dan banyak peneliti asing ingin melakukan riset di Indonesia. Sebaiknya kita sebagai penerus bangsa dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam ini dan meningkatkan SDM unggul.


“Kami mengarahkan mahasiswa untuk mengikuti program MBKM, program magang mahasiswa, dan dapat memanfaatkan fasilitas di sini. Ke depan akan ada kunjungan lanjutan untuk memenuhi rasa penasaran dan pertanyaan teman-teman mahasiswa,” ujarnya.


Setelah puas berkeliling iLaB ditemani periset dan Humas BRIN, kunjungan dilanjutkan ke Laboratorium Genomik dan Koleksi Zoologi di Gedung Keanekaragaman Hayati (Kehati) masih di lokasi yang sama di KST Soekarno BRIN.


Pada akhir kunjungan para mahasiwa UPI Kampus Serang yaitu Nida Uswatun Hasanah, Najwa Septiani, dan Heni Nurhidayanti mengungkapkan perasaannya setelah berkunjung. “Ini merupakan pertama kali kami berkunjung ke BRIN Kawasan Cibinong dan sangat terkesan dengan teknologi yang canggih dan fasilitas riset yang lengkap. Kami semakin banyak tahu juga proses-proses pembuatan pakan, kosmetik dan lainnya,” ujarnya.


“Kami dapat banyak belajar dari berbagai alat dan fasilitas yang ada dan dapat bertemu dengan wajah baru dari berbagai universitas ternama yang sedang magang, MBKM, dan tugas akhir di BRIN KST Soekarno,” pungkas Heni. (shf, yl/ed.sl)