• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 172 ) Aug 29, 2023

Penguatan Kerja Sama Industri Pendidikan: SMK Amaliah 1 Bogor Sambangi BRIN


Tangerang Selatan - Humas BRIN.  Dalam rangka mempererat hubungan antara dunia pendidikan dan industri serta untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai koneksi antara kurikulum sekolah dan tuntutan dunia kerja, Siswa siswi program teknik jaringan komputer dan telekomunikasi SMK Amaliah 1 Ciawi Bogor kunjungi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Selasa (29/08).


Tisna Sudrajat, perwakilan dari SMK Amaliah 1, menjelaskan bahwa tujuan utama kunjungan ini adalah untuk menjembatani kesenjangan antara pembelajaran di sekolah dengan perkembangan terkini dalam dunia industri. 


"Kunjungan industri merupakan bagian dari upaya kami untuk mewujudkan visi sekolah, yakni menjadi institusi kejuruan yang berkualitas dan menyatu dengan nilai-nilai tauhid," ujar Tisna.


Sementara itu Arti Juwita, Koordinator Layanan Hubungan Masyarakat Kawasan Multi Unit Kerja Serpong I, secara hangat menyambut rombongan tersebut di Ruang Auditorium Gedung Pusat Informasi. Dalam presentasinya, Arti memberikan gambaran mendalam tentang profil KST BJ Habibie Serpong, termasuk fasilitas dan laboratorium yang ada di dalamnya. Ia juga menjelaskan mengenai program-program yang ditawarkan oleh BRIN yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK, termasuk program pemagangan siswa.


Arti juga mengungkapkan berbagai penelitian yang sedang dilakukan oleh para peneliti di BRIN, seperti teknologi kultur jaringan, pemanfaatan teknologi nuklir, pengolahan tandan kelapa sawit menjadi bioetanol, hingga uji emisi kendaraan untuk pasar Indonesia. Ia membagikan pandangannya bahwa para ahli di Indonesia memiliki pengakuan global, dan berharap bahwa siswa-siswa SMK Amaliah 1 Ciawi Bogor akan menjadi pemimpin dalam pengembangan teknologi di masa depan.


Setelah sesi presentasi dan pertukaran informasi, kedua belah pihak melakukan serah terima kenang-kenangan dan berfoto bersama. Nugraha Ramadhana dan Irsyad Fadhil Muhammad dari Pusat Data dan Informasi BRIN memberikan penjelasan mendalam mengenai Fasilitas Data Center Jaringan Informasi dan Komunikasi.


Kunjungan ini mencerminkan komitmen BRIN untuk menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan industri, serta memberikan wawasan berharga kepada para siswa mengenai potensi dan tantangan dalam dunia teknologi dan inovasi. Diharapkan, semakin banyak generasi muda yang akan terinspirasi untuk berperan aktif dalam menciptakan solusi inovatif bagi permasalahan masa depan Indonesia. (ark/edt.aj/sj)