• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 175 ) May 30, 2024

Mahasiswa Telkom University Pelajari Strategi Humas Digital di BRIN


Bandung – Humas BRIN. Mahasiswa jurusan Digital Public Relations dari Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University, melakukan penelitian melalui wawancara dan survei di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Samaun Samadikun. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari tugas mata kuliah Industri Hubungan Masyarakat dan Media.


Layanan Humas Kawasan Bandung Garut memainkan peran penting dalam mendiseminasikan produk riset dan inovasi yang dihasilkan oleh pusat riset di Kawasan Bandung Garut. “Hasil produk riset yang dikerjakan oleh BRIN, kami diseminasikan melalui pemberitaan baik di situs BRIN maupun di situs Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), konten di media sosial, webinar, pelayanan tamu, pelayanan eksternal, dan juga pameran,” ungkap Karlina Gusmarani, Koordinator Layanan Humas, pada Selasa (28/05).


Karlina menjelaskan lebih lanjut tentang prosedur dalam mendiseminasikan produk tersebut. “BRIN saat ini hanya memiliki satu akun resmi untuk seluruh media sosial. Untuk itu, BRIN telah membuat panduan terkait pemberitaan dan konten media sosial. Kaidah yang harus dipenuhi di antaranya 5W1H (what, why, when, who, where, dan how), adanya narasumber, penggalian informasi melalui wawancara dan observasi, serta adanya proses penyuntingan dan memenuhi kaidah penulisan berita,” ujarnya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses publikasi dengan keseragaman antara kebutuhan BRIN pusat dengan humas Kawasan sebagai kontributor dalam pembuatan berita dan konten media sosial.


Dalam kesempatan ini, mahasiswa juga berkesempatan untuk melihat langsung persiapan kegiatan DOFIDA (Dialog, Fakta, Ilmiah, Popular dalam Sains Antariksa). Haris, Sivitas Pelaksana Humas BRIN, menambahkan kegiatan humas melalui digital. “Humas BRIN Kawasan Bandung Garut saat ini memiliki dua kegiatan live streaming, yaitu BisaanBangga (Bincang Sains Kawasan Bandung Garut) dan DOFIDA (Dialog Obrolan Fakta Ilmiah dan Sains Antariksa). Kegiatan ini dilaksanakan dua kali dalam sebulan,” ungkapnya.


Layanan humas BRIN Kawasan Bandung memanfaatkan ruangan yang ada agar menyerupai standar studio sebuah acara. “Kami menggunakan kain berwarna hijau sebagai latar, tiga buah handycam, peralatan streaming, pengaturan cahaya, dan suara untuk mendukung kegiatan live streaming ini,” imbuhnya.


Di akhir kunjungan, perwakilan mahasiswa, Egidia Salsabillah, menyampaikan harapannya. Melalui kunjungan ini, kami memahami strategi, alat, dan metrik yang digunakan dalam mengimplementasikan kampanye digital serta mengelola krisis online. Termasuk penggunaan media sosial, pemantauan sentimen, analisis data, dan penciptaan konten yang menarik bagi audiens.


“Selain itu, kami juga mendapatkan pemahaman terkait tantangan dan peluang dalam mengelola reputasi digital dan keahlian digital. Kunjungan ke BRIN telah memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai lingkungan kerja nyata di bidang hubungan masyarakat digital dan cara mengelola komunikasi serta menjaga reputasi perusahaan melalui berbagai platform digital,” tuturnya. (kpv. ed.kg)