• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 133 ) Feb 1, 2024

Mahasiswa Farmasi UGM Belajar Riset Obat di BRIN


Tangerang Selatan – Humas BRIN. Sebanyak 98 mahasiswa dan 2 dosen dari Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengunjungi Pusat Riset Kimia (PRK) dan Pusat Riset Bahan Baku Obat dan Obat Tradisional (PRBBOOT) di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie, Tangerang Selatan, pada Selasa (30/01), untuk menambah wawasan dan keilmuan di bidang kefarmasian.


Kunjungan ini dibimbing oleh dosen pendamping Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Farmasi UGM, Purwantiningsih. Ia menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang prospek kerja di bidang kefarmasian.

"Mahasiswa semester VI ini sedang melaksanakan KKN, dan kami berharap kegiatan ini memberikan wawasan baru kepada mereka tentang berbagai aspek dunia kerja di bidang kefarmasian," ujar Purwantiningsih.


Pada kunjungan ini, PRK dan PRBBOOT menunjukkan berbagai fasilitas dan peralatan penelitian kepada mahasiswa. Selain itu, mereka memberikan penjelasan mengenai berbagai penelitian yang sedang dilakukan di kedua pusat riset tersebut.


Salah satu peneliti PRK, Hafiizh Prasetia, mengatakan bahwa di PRK terdapat berbagai instrumen penelitian yang canggih. Instrumen-instrumen tersebut digunakan untuk penelitian berbagai bidang, termasuk penelitian obat.


"Semoga mahasiswa dapat mempelajari sesuatu yang baru di sini. Kami ingin memberikan gambaran kepada mereka tentang bagaimana penelitian obat dilakukan," kata Hafiizh.


Purwantiningsih berharap bahwa kunjungan ini dapat menjadi awal dari kerja sama yang lebih erat antara Fakultas Farmasi UGM dan BRIN. Ia mengatakan bahwa kerja sama tersebut dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak.


"Semoga ke depan dapat memanfaatkan fasilitas dan peralatan yang ada di BRIN untuk kepentingan penelitian, magang mahasiswa, dan pengembangan MBKM," harap Ketua Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik. (hrd/ ed: adl)