• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 428 ) Jun 25, 2022

Kunjungan Direktur Operasional PT.PJB Tinjau Progress Pelaksanaan TMC Ground Base Generator di DAS Brantas


Jakarta - Humas BRIN, Direktur Operasi 1 PT.PJB, M Yossy Noval A, melakukan kunjungan ke posko TMC GBG DAS Branstas, pada 23 Juni 2022. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau progress pelaksanaan operasi TMC GBG DAS Brantas guna penambahan tinggi muka air waduk Sengguruh, Sutami, Wlingi dan Ladoyo yang berada di daerah alirah sungai Brantas. Pelaksanaan operasi TMC GBG DAS sudah memasuki hari ke-17 dengan total penyalaan 167 flare cosat yang tersebar di lima titik tower antara lain; tower Bambang, tower Benjor, tower Sumberseko, tower Pesanggarahan dan tower Bonowarih.


Dalam kesempatan tersebut, Sutrisno, Koordinator Lapangan Operasi TMC GBG DAS Brantas yang ditunjuk oleh BRIN menjelaskan. “Total penyalaan flare hingga hari ke-17 sudah mencapai 167 flare cosat yang tersebar di lima menara GBG. Berdasarkan data GSMap hingga 21 Juni 2022, curah hujan di DAS Brantas sebesar 3,55 mm/hari  yang mana lebih besar dari rata rata harian historis pada bulan Juni 2012-2021 sebesar 2,42 mm/hari. Operasi ini juga berhasil menambah curah hujan sebesar 22,6-34% selama kegiatan pelaksanaan operasi TMC GBG DAS Brantas berlangsung,” jelas Sutrisno.


Pelaksanaan TMC GBG ini adalah upaya untuk menjaga kontinuitas suplai air waduk khususnya memasuki musim kemarau. Upaya ini dilakukan dengan tetap berpedoman terhadap Rencana Alokasi Air Tahunan (RAAT) yang telah ditetapkan untuk memastikan volume air baku tetap terjaga secara kontinu.


Mochamad Fauzi Iskandar, General Manager Up Brantas menjelaskan bahwa “Operasi TMC GBG di DAS Brantas merupakan joint collaboration antar PT PJB, PT Jasa Tirta 1 dan BRIN. Pengembangan inovasi TMC GBG ini sudah dilakukan mulai tahun 2020 dan baru bisa dieksekusi pada tahun ini. Dengan beroperasinya TMC GBG ini diharapkan akan mendongkrak bauran energi terbarukan sehingga dapat meningkatkan produksi energi listrik ” jelas Fauzi.



Pengembangan inovasi TMC GBG DAS Brantas untuk meningkatkan produktivitas PLTA sebagai upaya konkret perusahaan dalam memberikan nilai tambag dalam mewujudkan energi bersih. Sebagai penutup, Direktur Operasional 1 PT.PJB,  M Yossy Noval A, menyampaikan “perlu dilakukan pengembangan inovasi yang berkelanjutan agar TMC GBG dapat berjalan dengan lebih efisien dan optimal. Sehingga inovasi yang dibangun bisa diterapkan keseluruh wilayah di Indonesia,” pungkas Yossy. (rmp,bdh/cj)