• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 192 ) Sep 28, 2023

Kolaborasi Strategis BRIN dengan PT LEN Railway Systems dan PT Lintech Duta Pratama untuk Kemajuan Transportasi di Indonesia


Jakarta - Humas BRIN.  Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi lakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT LEN Railway Systems dan PT Lintech Duta Pratama, pada Selasa (26/09). Penandatanganan ini bertujuan untuk untuk melaksanakan kegiatan riset dan pemanfaatan hasil riset dan inovasi di bidang teknologi dan sarana prasarana, serta menyinergikan sumber daya dan kompetensi dibidang transportasi perkeretaapian dan perkapalan.


Penandatanganan MoU yang berlangsung di Kantor Pusat BRIN ini dihadiri oleh Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN R. Hendrian, Direktur Teknologi dan Operasi PT Len Railway Systems, Tedi Rustandi, serta Head Manager Marine Departement PT Lintech Duta Pratama, Ichwanul Hakim. Kesepakatan ini merupakan langkah penting dalam mendukung visi pemerintah untuk memajukan sektor transportasi kereta api dan perkapalan di Indonesia.


Head Department Marine PT Lintech Duta Pratama Ichwanul Hakim dalam sambutannya mengatakan “Setelah mengikuti acara Temu Bisnis kemarin, saya sangat terkesan dengan berbagai wawasan baru yang kami dapatkan. Kami menyadari bahwa banyak hal yang bisa kami ambil dari pengalaman ini, termasuk kemungkinan untuk melakukan penyesuaian khusus yang dapat meningkatkan daya saing kami di pasar,” Ujarnya.


Sementara itu Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN R. Hendrian, menyatakan, "Kerjasama ini akan membawa manfaat besar bagi kemajuan infrastruktur transportasi di Indonesia. Kami berkomitmen untuk bersama-sama mengembangkan teknologi canggih dalam sektor ini untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan transportasi." Ungkapnya.


“Penandatanganan pada siang inimenunjukkan kepada kita sekalian bahwa memang kalau berbicara tentang pemanfaatan riset dan inovasi BRIN itu ada banyak yang bisa Bapak Ibu manfaatkan, siang ini adalah tentang audit dan pemanfaatan hasil riset nah ini saya mohon izin untuk menggunakan kesempatan yang baik,” tambahnya.


Masih pada kesempatan yang sama, Tedi Rustandi Direktur Teknologi dan Operasional PT LEN Railway Systems mengatakan bahwa PT LEN Railway Systems telah melakukan banyak upaya sejak lama dalam pengembangan teknologi dan operasional. Saat ini, kita telah melangkah lebih jauh dalam perjalanan ini, terutama dalam bidang audit teknologi produk perketa apian. Sebelumnya, audit ini biasanya dilakukan oleh pihak luar. Namun, dengan MoU yang telah kita bangun, kita berharap dapat mengambil langkah-langkah strategis menuju kemandirian dalam melakukan audit teknologi produk perketa apian di Indonesia.


"Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan BRIN dalam mewujudkan visi transportasi kereta api yang lebih modern dan efisien di Indonesia. Ini adalah langkah besar dalam menjawab tuntutan perkembangan zaman,” Tambahnya.


Sebagai informasi PT LEN Railway Systems, sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri dalam teknologi kereta api, dan PT Lintech Duta Pratama, yang memiliki pengalaman dalam pengelolaan proyek infrastruktur dan sarana perkapalan, akan bekerja sama dengan BRIN dalam berbagai aspek.


Nota Kesepahaman ini mencakup berbagai aspek kerjasama jangka panjang antara BRIN, PT LEN Railway Systems, dan PT Lintech Duta Pratama, dan diharapkan akan mempercepat kemajuan infrastruktur transportasi perkeretaapian dan perkapalan di seluruh Indonesia.


Penandatanganan MoU ini juga diharapkan menjadi tonggak penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan konektivitas antarwilayah, dan memberikan pelayanan transportasi yang lebih baik kepada masyarakat. (ad,sj)