• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 162 ) Sep 26, 2023

Kolaborasi BRIN dan FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak sukseskan Program MBKM


Pontianak-Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Kerja Bersama Pontianak, menerima empat mahasiswa magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Gelombang kedua. Kegiatan ini merupakan kolaborasi BRIN dan FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak yang dilaksanakan mulai September sampai dengan Desember 2023.


Sub Koordinator Layanan Umum Helmi Suryaputra menyebutkan bahwa BRIN mempunyai program salah satunya Masyarakat Bertanya BRIN Menjawab, untuk itu kami membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang tertarik untuk magang di Kantor BRIN Kawasan Kerja Bersama Pontianak.


Sebagai satu-satunya lembaga pemerintah yang bergerak dibidang riset BRIN memiliki peran untuk membentuk generasi muda di bidang riset dan inovasi. Salah satunya dengan melalui program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang di inisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan seperti yang dilakukan di BRIN Kawasan Pontianak, pungkasnya.


Peneliti Organisasi Riset Arkeologi, Bahasa, dan Sastra, Pusat Riset Bahasa, Sastra, Dedy Ari Asfar selaku praktisi mengajar menyambut baik atas kegiatan proses MBKM mahasiswa FKIP bahasa semoga dapat berjalan dengan lancar seperti tahun sebelumnya.


“Ia berharap kepada Mahasiswa agar antusias dan belajar dengan baik terkait dengan teknik dalam menulis karya tulis ilmiah. Target artikel nantinya yang dipublikasi minimal terakreditasi Sinta 2,” ujar Dedy.


Penyerahan mahasiswa MBKM dosen pembimbing lapangan Melisa Jupitasari, M.Pd. mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi BRIN yang telah memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk melakukan kegiatan MBKM.


“MBKM ini merupakan kebutuhan dari Universitas Tanjungpura Pontianak karena banyak kegiatan-kegiatan yang akan diikuti para mahasiswa sehingga menjadi kesempatan bagi mereka untuk belajar secara langsung di dunia kerja. MBKM ini juga kesempatan bagi kami untuk berkolaborasi bersama BRIN yang mana banyak para peneliti disini,” pungkasnya. (msr)