• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 114 ) Oct 13, 2023

Kolaborasi BRIN bersama Universitas Tanjungpura Pontianak sukseskan MBKM


Pontianak-Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Kerja Bersama Pontianak menerima kunjungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Jurusan Fisika Universitas Tanjungpura Pontianak. Kunjungan merupakan audensi implementasi kegiatan Studi Independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Jum'at (13/10).

 

Sub Koordinator Layanan Umum Helmi Suryaputra menyebutkan bahwa BRIN mempunyai program salah satunya Masyarakat Bertanya BRIN Menjawab, untuk itu kami membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang tertarik untuk magang di Kantor BRIN Kawasan Kerja Bersama Pontianak.


Helmi menjelaskan sebagai lembaga pemerintah yang bergerak dibidang penelitian, BRIN memiliki peran untuk membentuk generasi muda di bidang riset dan inovasi. Salah satunya dengan melalui program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang di inisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan seperti yang dilakukan di BRIN Kawasan Pontianak, tuturnya.

 

“Dengan terintegrasinya lima lembaga yang ada di BRIN saat ini BRIN Kawasan Pontianak mempunyai periset Penerbangan dan Antariksa, Periset Pertanian, Periset Bahasa dan Sastra serta periset kesehatan,” pungkasnya.

 

Peneliti Bahasa dan Sastra, Yeni Yunita selaku praktisi mengajar menyambut baik atas kegiatan proses MBKM mahasiswa FMIPA ia menjelaskan terkait struktur organisasi yang ada di BRIN serta peluang untuk mendapat beasiswa yang ada di BRIN, ia berharap semoga kolaborasi ini dapat berjalan dengan lancar seperti tahun sebelumnya.

 

Senada dengan itu Peneliti Penerbangan dan Antariksa Nia Safitri menjelaskan secara ringkas tugasnya sebagai teknisi di BRIN Pontianak untuk bagaimana peralatan yang tersedia bisa beroperasi dengan normal sehingga datanya terekam secara kontiyu, memberikan layanan data antariksa dan atmosfer melalui laman elsa.brin.go.id, tuturnya.

 

“Untuk saat ini peralatan yang tersedia di BRIN Pontianak antara lain Sky Quality Meter (SQM) alat pemantau kecerlangan langit malam, teleskop (pemantau benda-benda langit), Lapisan Ionosfer Septentrio dan Ionosonda Canadian Advenced Digital Ionosonde (CADI), serta Geomagnet (fluxgate magnetometer)”, pungkasnya.

 

Ketua Jurusan Fisika MIPA Dr. Azrul Azwar, S.Si, M.Si mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi BRIN yang telah memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk melakukan kegiatan MBKM.

 

Lebih jauh Azrul menyampaikan keterkaitan dengan mata kuliah MBKM yang ada dikampus antara lain Fisika Lingkungan, Fisika Kebencanaan, Metrologi, Kecerdasan Buatan serta Konservasi Lingkungan Tropis. Selain itu bentuk tawaran kemitraan dengan BRIN Kawasan Pontianak yaitu mahasiswa membantu pekerjaan yang ada di BRIN yang relevan dengan mata kuliah. (msr)