• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 438 ) Sep 7, 2023

Inisiasi Kerjasama dengan BRIN, PT Avirtech Solusi Teknologi Mengunjungi Pusat Riset Teknologi Penerbangan


Bogor – Humas BRIN. Direktorat Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Industri Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama PT Avirtech Solusi Teknologi melakukan kunjungan ke Pusat Riset Teknologi Penerbangan (PRTP) di Kawasan Sains dan Teknologi Jacob Salatun, Rumpin Bogor, Rabu (6/9). Kedatangan mereka disambut oleh Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Industri BRIN, Mulyadi Sinung Harjono dan Kepala PRTP, Fadilah Hasyim serta Periset PRTP. Rombongan berkeliling ke beberapa fasilitas riset diantaranya Lab Avionik, wind tunnel serta Lab DO.

 

Kunjungan ini merupakan tindaklanjut dari acara Temu Bisnis yang diselenggarakan Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN pada 30 Juli – 1 Agustus 2023 yang lalu.

 

Mulyadi Sinung Harjono mengatakan, kunjungan ini dilakukan untuk memperkenalkan hasil dan fasilitas riset dan inovasi yang dimiliki dan dihasilkan oleh BRIN, khususnya teknologi di bidang penerbangan. Dengan demikian, diharapkan PT Avirtech Solusi Teknologi memiliki pengetahuan terkait fasilitas riset dan inovasi BRIN di bidang teknologi penerbangan.

 

"Kedua pihak bisa lebih mendalami ruang lingkup apa saja yang bisa dikerjasamakan," ujarnya.

 

Kepala PRTP, Fadilah Hasyim berharap inisiasi kerjasama ini dapat berlanjut hingga menghasilkan kolaborasi riset. Ia juga ingin mitra industri dapat memanfaatkan hasil dan fasilitas riset dan inovasi BRIN dengan optimal.

 

"Kami (PRTP) sudah mengembangkan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) drone untuk pertanian, sejalan dengan PT Avirtech yang juga menguasai drone pertanian. Tentu harapannya kita bisa berkolaborasi mengembangkan teknologi drone ini untuk bisa dimanfaatkan oleh pengguna," tuturnya.


Dalam kesempatan yang sama, Periset PRTP Gunawan Setyo Prabowo mengungkapkan saat ini PRTP melakukan pengembangan dan pemanfaatan Drone System untuk berbagai aplikasi seperti pemetaan presisi, precision farming, forest management, smart city berbasis peta drone, dll. PRTP juga melakukan pemanfaatan muatan drone (FLIR, Multispectral, RGB, dll) untuk mendukung aplikasi.

 

"Kami juga melakukan pemanfaatan dan pengembangan teknologi 4.0 (AI, BIG Data, Robotik, machine learning) untuk optimalisasi pengolahan data drone yang lebih informatif. Kita juga sedang melakukan otomatisasi data loading drone ke system server serta analisis radio telemetry dan vibrasi pada muatan UAV," ungkapnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Tery, Chief Technology Officer selaku perwakilan dari PT Avirtech Solusi Teknologi mengungkapkan bahwa pihaknya tertarik menjalin kerjasama riset dalam ruang lingkup water level monitoring untuk memantau Tinggi Muka Air Tanah (TMAT) di lahan gambut, smart farming, dan aquaculture untuk perhitungan jumlah organisme di dalam suatu lokasi menggunakan UAV. PT Avirtech Solusi Teknologi membutuhkan teknologi BRIN diantaranya teknologi sensor optik dan spectrograph. (Dv)