• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 98 ) Mar 23, 2024

Festival Kulminasi matahari, Momentum Edukasi Sains Antariksa


Pontianak-Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Pontianak turut hadir dalam kegiatan event Pesona Kulminasi Matahari Maret 2024 di Tugu Khatulistiwa Kota Pontianak, Pesona Kulminasi Matahari menjadi agenda tetap tahunan yang dilaksanakan pada bulan Maret dan September. Istimewanya, Peringatan Titik Kulminasi Matahari di Kota Pontianak bertepatan dengan kedatangan Presiden RI Joko Widodo pada saat melakukan kunjungan kerja untuk meresmikan Duplikasi Jembatan Kapuas I Pontianak, Kamis (21/3).

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengungkapkan momentum titik kulminasi pada Maret 2024 ini menjadi kado istimewa bagi masyarakat Kota Pontianak.

 

“Selain kita memperingati fenomena alam Khatulistiwa yang terjadi di Kota Pontianak dengan matahari tepat berada di atas kepala sehingga bayangan di bawahnya tidak tampak, menjadi istimewa di saat hampir bersamaan Duplikasi Jembatan Kapuas I juga telah diresmikan oleh Bapak Presiden,” ujarnya.

 

Periset BRIN Suraina mengatakan, kulminasi bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat khususnya di Pontianak. “Hari tanpa bayangan atau kulminasi matahari menjadi peristiwa tahunan yang terjadi akibat revolusi bumi mengitari matahari memiliki sumbu rotasi yang bergeser sekitar 23º. Seperti yang kita ketahui, Indonesia terbentang dari 6 LU sampai 11 LS dan dibelah oleh garis Khatulistiwa,” ujarnya.

 

“Meskipun untuk kulminasi pada bulan Maret posisi Matahari berada di ketinggian maksimum pada tanggal 20 tepatnya pada jam 11.50 menit 6 detik hal ini dikarenakan adanya pergeseran sumbu rotasi bumi ketika mengitari Matahari,” pungkas Suraina. (msr)