• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 239 ) Feb 25, 2024

Dapatkan Gambaran Aktifitas Riset, Wakil Kepala BRIN Lakukan Diskusi Bersama Sivitas di Jawa Timur


Surabaya - Humas BRIN. Untuk melihat situasi kegiatan riset sehari hari dan mengetahui kondisi fisik fasilitas riset secara konkret di semua kawasan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wakil Kepala BRIN, Amarulla Octavian melakukan kunjungan kerja dan temu sivitas perdana ke Kawasan Sains Said Djauharsjah Jenie dan Kawasan Konservasi Ilmiah (KKI) Kebun Raya Purwodadi. Pada kesempatan ini, Amarulla hadir didampingi oleh Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi, R. Hendrian, Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur, Haznan Abimanyu, serta Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Industri Mulyadi Sinung  pada Jum’at (23/02). Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Sivitas BRIN yang ada di Kawasan Jawa Timur.

 

Amarulla beserta rombongan mengawali kunjungannya dengan meninjau fasilitas Laboratorium Hidrodinamika di dampingi oleh Widjo Kongko selaku Kepala Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika (PRTH) meninjau Maneuvering and Ocean Basin (MOB), fasilitas pengujian Towing Tank, dan fasilitas pendukung Ship Model Workshop (SMWS). Pada kesempatan ini Amarulla menyaksikan secara langsung demo uji Resistance dan demo uji Seakeeping serta hasil riset periset PRTH BRIN.

 

Masih di Kawasan Sains Said Djauharsjah Jenie, Amarulla mengajak sivitas untuk berdiskusi terkait aktivitas riset dan pemanfaatan hasil produk riset PRTH BRIN yang memiliki potensi untuk bisa dimanfaatkan langsung oleh industri maupun masyarakat. Kunjungan dan diskusi ini dimaksudkan untuk lebih mengenal sivitas dan memperoleh gambaran yang lebih utuh terkait aktivitas riset yang dilakukan.

 

Sebelumnya Widjo Kongko membuka diskusi dengan memaparkan profil PRTH termasuk didalamnya capaian target & output 2023 maupun rencana kegiatan di tahun kegiatan 2024. Widjo juga menyampaikan hasil salah satu kegiatan hilirisasi produk riset yang telah dilakukan PRTH BRIN.

 

Kunjungan kemudian dilanjutkan di KKl Kebun Raya Purwodadi. Diawali dengan meninjau langsung KKI Kebun Raya Purwodadi yang terdiri atas kawasan konservasi ex-situ tumbuhan dataran rendah kering yang ditanam berdasarkan kekerabatan maupun taman tematik di kawasan seluas 85 hektar.

 

Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan diskusi dengan sivitas BRIN yang berhome base ataupun co-working space (CWS) di KKI KRP. Dalam diskusi ini Hendrian menyampaikan bahwa kehadirannya di KKI KRP selain untuk mengenal sivitas yang ada di KKI KRP juga berkenaan dengan isu-isu penting yang berkaitan dengan kegiatan riset sehari hari para sivitas. “Dari kunjungan ini diharapkan dapat dipotret secara konkret situasi riil di lapangan di setiap kawasan dan juga didapatkan isu-isu yang penting yang bisa dicarikan solusi ataupun bisa dijadikan pembahasan di level pimpinan BRIN,” jelas Hendrian.

 

Pada kesempatan yang sama Haiatus Shohihah dalam paparannya menyampaikan pengelolaan KKI KRP sebagai salah satu CWS BRIN yang ada di Jawa Timur yang memiliki beberapa ruang CWS bagi sivitas BRIN, fasilitas riset yang disediakan, dan sivitas BRIN yang beraktivitas yang berasal dari berbagai kedeputian, biro ataupun peneliti dari beberapa pusat riset BRIN. (dsf,sa/ed:frw).