• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 327 ) Jun 27, 2023

Tumbuhkan Semangat Meneliti, BRIN Terima Kunjungan SMKN 4 Serang


Tangerang Selatan – Humas BRIN. Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie menerima  kunjungan Industri pelajar SMKN 4 Serang dengan jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) pada Selasa (27/06). Tujuan kunjungan industri kali ini untuk mengenal BRIN khususnya pada bidang Pengujian Photo Voltaic PLTS dan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor dan fasilitas riset yang ada di BRIN seperti laboratorium Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi (PR KKE), Pusat Riset Teknologi Kekuatan Struktur (PR TKS), dan Laboratorium Teknologi Termodinamika,Motor, dan Propulsi (LT2MP).  

 

Perekayasa Ahli Pertama Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi Zakariya Arif Fikriyadi menjelaskan Pusat Riset KKE ini terdapat Laboratorium Uji Kualitas Modul Photo Voltaic (PV)  dan yang pertama di Indonesia. Fungsinya adalah untuk menjamin kualitas PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang terpasang maka perlu dilakukan pengujian terhadap komponen sistem PLTS, utamanya adalah modul surya atau PV , Pengujian modul PV ini sudah merupakan kewajiban standar di pasar internasional, Saat sumber energi sudah beralih ke tenaga surya yang ramah lingkungan, cara ini dapat mengurangi karbon dioksida, dinitrogen oksida, sulfur dioksida, dan emisi partikel. Maka dari itu, pembangkit listrik tenaga surya sangat baik dalam menjaga kualitas udara, jelasnya.

 

Sementara itu , Teknisi Penelitian dan Perekayasaan Terampil Direktorat Pengelolaan Laboratorium, Fasilitas Riset, dan Kawasan Sains dan Teknologi Didi Tri Wibowo memaparkan mengenai uji emisi , Didi Didi mengatakan, Kegiatan uji emisi merupakan kebutuhan dan kewajiban. Kendaraan yang dirawat dengan baik secara berkala akan awet dan tahan lama, kemudian irit bahan bakar dan ramah lingkungan karena emisi yang dihasilkan lebih bersih. Oleh karena itu, kegiatan uji emisi ini perlu didukung oleh seluruh elemen masyarakat.

 

Pada kesempatan yang sama Guru Pendamping SMKN 4 Serang , Siti Supartinah Mulyasari mengatakan Kunjungan Industri ini merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan untuk mengunjungi sebuah lokasi yang menjadi contoh kegiatan , atau gambaran pekerjaan yang akan dilakukan oleh siswa atau peserta didik, Siti berharap dengan adanya kunjungan industri ini , para siswa mendapatkan suatu pengalaman dan pengetahuan yang sangat berguna yang mungkin tidak dapat diperoleh dibangku sekolah.(gp,aj/edt.sj)