Transformasi Digital, Cara Koperasi Pegawai BRIN Tarik Minat Anggota Baru
Jakarta – Humas BRIN. Untuk menjangkau anggota yang lebih banyak serta dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal dan terbaik bagi anggotanya KPBRIN telah meluncurkan aplikasi digital KPBRIN dan MyBRINmart, hal ini disampaikan oleh Sekretaris Umum KP BRIN Sofyan Mufti Prasetiyo dalam paparannya pada BRIEF edisi 124 (05/07).
“Dalam transformasi layanan
digital yang kita lakukan adalah untuk mewujudkan kesejahterakan bagi anggota,”
tutur Sofyan.
Tujuan dari layanan digital salah
satunya yaitu mewujudkan misi sebagai usaha meningkatkan kesejahteraan anggota
dengan memberikan nilai tambah berupa sisa hasil usaha.
“Jadi visi kita ini dapat
memberikan nilai tambah kesejahteraan anggota, lagi-lagi memberikan pelayanan
terbaik dalam memenuhi kebutuhan anggota secara mandiri dan professional,”
jelas Sofyan.
Menjadi anggota koperasi
dikatakan Sofyan memberikan banyak manfaat, diantaranya anggota koperasi akan
mendapatkan dividen dari setiap transaksi di unit usaha Koperasi berupa Sisa
Hasil Usaha (SHU). Selain itu anggota akan mendapatkan fasilitas pinjaman,
voucher belanja dan koperasi juga berkontribusi aktif dalam memberikan bantuan
pembiayaan bantuan sosial bagi anggota baik berupa beasiswa maupun berupa
santunan.
Dikatakan Sofyan KPBRIN beberapa
usaha yang telah dilakuakan untuk mengembangkan KP BRIN diantaranya adalah toko
dan retail untuk memfasilitasi pemenuhan berbagai ragam barang kebutuhan
anggota dan transaksi online.
“Nah sekarang kita mengajak
seluruh anggota untuk bergabung dalam menjadi reseller atau menjadi penjual di
MyBRINmart, dengan aplikasi ini jadi belanjanya lebih memberikan kita trust bagaimana
kita tahu untuk menjualnya adalah sesama pegawai BRIN dengan potensi pasar
sampai dengan 14.500 pegawai, dan aplikasi ini dapat diunduh di Google Play
Store” lanjut Sofyan.
“Koperasi Pegawai BRIN yang
sebelumnya sudah mempunyai aplikasi yang sudah digunakan untuk pelayanan waktu
itu cuman memang orientasinya masih hanya kepada karyawan atau pengurus saja
yang menggunakan aplikasi,” ujar Dani Ramdani, Wakil Sekretaris 2 bagian IT KP
BRIN.
“Nah untuk transformasi digital KPBRIN
yang sekarang memang mindsetnya sudah berubah 180 derajat karena yang
sebelumnya hanya digunakan oleh karyawan dan pengurus koperasi sekarang semua
anggota bisa mengakses aplikasi itu jadi bisa lebih mendekatkan koperasi yang
tadi mungkin disampaikan oleh Pak Sofyan Ada banyak pelayanan diberikan layanan
itu lebih didekatkan dengan anggota dengan bentuk platform aplikasi yang sudah
kita bangun dan memang saat ini masih kita kembangkan secara berkelanjutan,”
lanjut Dani.
Dikatakan Dani, dengan adanya
aplikasi KPBRIN calon anggota yang ingin mendaftarkan sebagai anggota bisa dilakukan
secara online dengan cara mengunduh atau menginstal aplikasi di gadget berbasis
Android di playstore atau pendaftaran bisa dilakukan melalui website kita yaitu
m.koperasi-brin.co.id
“Jadi untuk pendaftaran ada dua
tahapan yang dilakukan ketika anggota mau masuk ke dalam aplikasi yang pertama
adalah anggota yang sudah menjadi anggota koperasi yaitu dengan melakukan
aktivasi, adapun misalkan calon anggota yang belum menjadi anggota nanti masuk
ke kategori pendaftaran,” jelas Dani. (nnp)