• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 114 ) Jul 5, 2024

Transformasi Digital, Cara Koperasi Pegawai BRIN Tarik Minat Anggota Baru


Jakarta – Humas BRIN. Untuk menjangkau anggota yang lebih banyak serta dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal dan terbaik bagi anggotanya KPBRIN telah meluncurkan aplikasi digital KPBRIN dan MyBRINmart, hal ini disampaikan oleh Sekretaris Umum KP BRIN Sofyan Mufti Prasetiyo dalam paparannya pada BRIEF edisi 124 (05/07).


“Dalam transformasi layanan digital yang kita lakukan adalah untuk mewujudkan kesejahterakan bagi anggota,” tutur Sofyan.


Tujuan dari layanan digital salah satunya yaitu mewujudkan misi sebagai usaha meningkatkan kesejahteraan anggota dengan memberikan nilai tambah berupa sisa hasil usaha.


“Jadi visi kita ini dapat memberikan nilai tambah kesejahteraan anggota, lagi-lagi memberikan pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan anggota secara mandiri dan professional,” jelas Sofyan.


Menjadi anggota koperasi dikatakan Sofyan memberikan banyak manfaat, diantaranya anggota koperasi akan mendapatkan dividen dari setiap transaksi di unit usaha Koperasi berupa Sisa Hasil Usaha (SHU). Selain itu anggota akan mendapatkan fasilitas pinjaman, voucher belanja dan koperasi juga berkontribusi aktif dalam memberikan bantuan pembiayaan bantuan sosial bagi anggota baik berupa beasiswa maupun berupa santunan.


Dikatakan Sofyan KPBRIN beberapa usaha yang telah dilakuakan untuk mengembangkan KP BRIN diantaranya adalah toko dan retail untuk memfasilitasi pemenuhan berbagai ragam barang kebutuhan anggota dan transaksi online.


“Nah sekarang kita mengajak seluruh anggota untuk bergabung dalam menjadi reseller atau menjadi penjual di MyBRINmart, dengan aplikasi ini jadi belanjanya lebih memberikan kita trust bagaimana kita tahu untuk menjualnya adalah sesama pegawai BRIN dengan potensi pasar sampai dengan 14.500 pegawai, dan aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store” lanjut Sofyan.


“Koperasi Pegawai BRIN yang sebelumnya sudah mempunyai aplikasi yang sudah digunakan untuk pelayanan waktu itu cuman memang orientasinya masih hanya kepada karyawan atau pengurus saja yang menggunakan aplikasi,” ujar Dani Ramdani, Wakil Sekretaris 2 bagian IT KP BRIN.


“Nah untuk transformasi digital KPBRIN yang sekarang memang mindsetnya sudah berubah 180 derajat karena yang sebelumnya hanya digunakan oleh karyawan dan pengurus koperasi sekarang semua anggota bisa mengakses aplikasi itu jadi bisa lebih mendekatkan koperasi yang tadi mungkin disampaikan oleh Pak Sofyan Ada banyak pelayanan diberikan layanan itu lebih didekatkan dengan anggota dengan bentuk platform aplikasi yang sudah kita bangun dan memang saat ini masih kita kembangkan secara berkelanjutan,” lanjut Dani.


Dikatakan Dani, dengan adanya aplikasi KPBRIN calon anggota yang ingin mendaftarkan sebagai anggota bisa dilakukan secara online dengan cara mengunduh atau menginstal aplikasi di gadget berbasis Android di playstore atau pendaftaran bisa dilakukan melalui website kita yaitu m.koperasi-brin.co.id


“Jadi untuk pendaftaran ada dua tahapan yang dilakukan ketika anggota mau masuk ke dalam aplikasi yang pertama adalah anggota yang sudah menjadi anggota koperasi yaitu dengan melakukan aktivasi, adapun misalkan calon anggota yang belum menjadi anggota nanti masuk ke kategori pendaftaran,” jelas Dani. (nnp)