• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 273 ) Jun 19, 2023

Tingkatkan Kinerja, BRIN Lakukan Evaluasi Tengah Tahun


Humas BRIN. Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Laksana Tri Handoko dalam sambutannya pada apel pagi, Senin (19/06) menyampaikan bahwa saat ini BRIN sudah memasuki tengah tahun, dimana ini  merupakan saat yang tepat bagi kita semua untuk terus melakukan evaluasi demi perbaikan dan juga melakukan continuous improvement dari semua skema program serta tata kelola yang saat ini sudah dilaksanakan oleh BRIN.


Evaluasi tengah tahun sendiri merupakan suatu proses penting yang bertujuan untuk menilai kinerja dan kemajuan yang telah dicapai dalam setengah tahun terakhir. Evaluasi ini memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi keberhasilan, mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan, dan merencanakan langkah-langkah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Handoko menjelaskan bahwa terkait dengan riset khususnya program prioritas, dia merencanakan akan melakukan evaluasi program per program. “Program yang menjadi prioritas fokus adalah program yang telah ditetapkan tidak hanya oleh Kementerian Keuangan dan BAPPENAS tapi juga oleh Dewan Pengarah BRIN,” ujar Handoko. “Evaluasi ini akan dilakukan tersendiri, dengan pola yang lebih santai yaitu dilakukan secara langsung ke lapangan bersama dengan para Kepala Pusat Riset dan para Kepala Organisasi Riset,” jelas Handoko. 


Selain itu Handoko juga kembali mengingatkan seperti yang sudah ia sampaikan di minggu lalu bahwa Inspektorat Utama juga akan melakukan beberapa audit spesifik. “Saya meminta ke Inspektorat Utama dan jajarannya untuk dapat segera melakukan audit karena ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses evaluasi program dan juga tata kelola yang ada di BRIN saat ini,” tambah Handoko.


“Sehingga dengan evaluasi dan perbaikan sebagai tindak lanjut dari evaluasi itu kita harapkan semuanya akan menjadi semakin baik dan terus membaik,” tutur Handoko. “Tidak bisa dipungkiri bahwa pasti masih ada permasalahan yang kita hadapi dan tentunya harus kita selesaikan satu persatu sehingga dalam waktu tidak terlalu lama kita memiliki skema yang lebih tepat,” tambah Handoko.“Saat ini pun menurut saya skema yang ada sudah praktis dan sudah berjalan semua, tetapi saya melihat masih ada yang kurang optimal,” ujar Handoko. Ia juga menambahkan bahwa tujuan utama dari evaluasi yang akan dilakukan nanti adalah bisa menjadi informasi dalam perbaikan kedepannya.


Handoko juga mengatakan bahwa terkait dengan evaluasi yang akan dilakukan ini tidak perlu ada persiapan khusus dari seluruh sivitas BRIN baik itu periset yang ada di Organisasi Riset ,maupun di Pusat Riset juga manajemen iptek.“Saya berharap semua tetap bisa terus bekerja seperti biasa dan justru harus semakin memotivasi diri dan semakin bersemangat untuk memberikan yang terbaik dari apa yang bisa bapak ibu lakukan kepada bangsa masyarakat dan negara ini melalui BRIN,” tandas Handoko. (nnp)