• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 231 ) Jul 10, 2023

Tingkatkan Kemampuan Ilmiah, BRIN Bekali Mahasiswa dengan Penulisan KTI


Pontianak-Humas BRIN. Sebagai satu-satunya lembaga pemerintah di bidang riset BRIN memiliki peran untuk membentuk generasi muda di bidang riset dan inovasi. Salah satunya dengan melalui program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) milik Kementerian Pendidikan seperti yang dilakukan di BRIN Kawasan Pontianak.


Koordinator BRIN Kawasan Pontianak La Ode Muhammad Musafar menyebutkan bahwa sebagai bagian program Masyarakat Bertanya BRIN Menjawab BRIN membuka kesempatan bagi mahasiswa yang tertarik untuk magang di BRIN. “Nantinya mahasiswa akan diikutsertakan pada berbagai kegiatan seperti Kulminasi Matahari, Pengamatan Gerhana Matahari, Pengamatan Hilal serta Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) hal ini guna menambah wawasan mahasiswa tentang kegiatan BRIN Pontianak,” pungkasnya saat ditemui pada Rabu (04/07).


BRIN Pontianak sendiri baru saja menyelesaikan magang MBKM mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Tanjungpura Pontianak yang berlangsung dari 3 April hingga 4 Juli 2023. “Kegiatan MBKM ini diakhiri dengan pembuatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) oleh masing-masing peserta dan kemudian dipresentasikan di hadapan Koordinator, Subkoordinator BRIN Kawasan Pontianak, Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura Pontianak, dan Mentor masing-masing”, terang Musafar lebih lanjut.


Peneliti Organisasi Riset Arkeologi, Bahasa, dan Sastra, Pusat Riset Bahasa, Sastra, dan Komunitas Dedy Ari Asfar selaku mentor mahasiswa MBKM menyampaikan proses mahasiswa selama menjalankan MBKM sudah berjalan dengan baik.


“Teman-teman Mahasiswa sangat antusias dan belajar dengan baik teknik dalam menulis karya tulis ilmiah. Target artikel dipublikasi ke jurnal terindeks Scopus dan minimal terakreditasi Sinta 2. Salah satu mahasiswa sudah berhasil submit awal Juli 2023 ke salah satu jurnal terakreditasi Sinta 2 dan ada 6 Mahasiswa MBKM masih proses merevisi artikel untuk disubmit ke jurnal terindeks Scopus dan akreditasi Sinta 2,” ujar Dedy.


Wakil Dekan III FKIP yang juga merupakan Ketua Program Studi Bahasa Indonesia Universitas Tanjungpura Pontianak, Agus Syahrani mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi BRIN yang telah memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk melakukan kegiatan MBKM.


“MBKM ini merupakan kebutuhan dari Universitas karena banyak kegiatan-kegiatan yang akan diikuti para mahasiswa sehingga menjadi kesempatan bagi mereka untuk belajar. MBKM ini juga kesempatan bagi kami untuk berkolaborasi bersama BRIN yang mana banyak para peneliti disini,” lanjut Agus.


Ia berharap semoga hasil penelitian yang dilakukan para mahasiswa bisa terbit di jurnal Sinta 2. “Jika terbit di Sinta 2 maka mahasiswa tidak perlu membuat Skripsi lagi,” pungkasnya. (msr)