• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 700 ) Dec 10, 2022

Standar Pelayanan Tidak Hanya Untuk Eksternal Tapi Juga Internal


Cibinong – Humas BRIN, Standar Pelayanan merupakan tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, dan terjangkau. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai lembaga yang memiliki banyak layanan dan beragam, wajib memiliki standar dalam memberikan pelayanan kepada pihak eksternal maupun pelayanan kepada pihak internal. 


“Semua layanan yang ada di BRIN harus memiliki standar layanan, tidak hanya untuk pelayanan kepada pihak eksternal tetapi juga pelayanan ke pihak internal,” demikian disampaikan Koordinator Pelayanan Publik dan PPID, Ir. Jasyanto, MM pada saat kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Pelayanan, di Pusbindiklat CSC, Cibinong (8/12). “Karenanya agar pelayanan dapat berjalan dengan baik harus ada standar yang mengaturnya”, lanjutnya.


Lebih lanjut disampaikan bahwa tujuan dari bimbingan teknis penyusunan standar ini salah satunya adalah agar peserta yang merupakan perwakilan dari unit kerjanya memperoleh pengetahuan tentang cara penyusunan standar pelayanan sehingga nantinya seluruh pelayanan yang ada di unit kerjanya dapat terstandarkan. 


Sementara itu pada kesempatan yang sama  Kepala Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan Driszal Fryantoni dalam arahannya mengatakan , agar kedepannya semua jenis layanan dan standar layanan yang ada di BRIN dapat dibuat menjadi sebuah buku dalam bentuk digital, “Kedepannya diharapkan kita dapat membuat e-digital book berisi layanan-layanan dan standar layanan yang ada di lingkungan BRIN, sehingga nantinya orang bisa lebih cepat untuk mengetahui layanan-layanan apa saja yang ada di BRIN. Driszal berharap pelayanan prima di lingkungan BRIN dapat segera terwujud.


Sebagai informasi kegiatan bimtek ini diikuti oleh Peserta yang merupakan Pelaksana Pelayanan Publik di Lingkungan Sekretariat Utama BRIN, Pelaksana Pelayanan Publik di Lingkungan Kedeputian BRIN, Pelaksana Pelayanan Publik di Lingkungan Inspektorat Utama BRIN, PPID Pelaksana Kawasan, Koordinator Humas Kawasan, dan Tim PPID BRIN.


Adapun, Penyusunan standar pelayanan (SP) ini mengacu kepada Peraturan Menteri PAN RB No.15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan. (lm/sj)