• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 154 ) Jun 13, 2024

SMK Al-Falah Bandung Kunjungi KST BJ Habibie BRIN Untuk Pelajari Teknologi dan Inovasi


Tangerang Selatan - Humas BRIN. SMK Al-Falah Bandung mengadakan kunjungan industri ke Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie Serpong – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada hari Kamis (13/6). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk memperdalam pemahaman dan wawasan tentang perkembangan teknologi dan inovasi di Indonesia.


“Pada kesempatan ini siswa dapat berinteraksi langsung dengan praktisi periset, bahkan kegiatan seperti ini dapat menjadi awal yang baik bagi siswa untuk memperluas pengetahuan siswa dalam teknologi dan inovasi yang dikembangkan oleh BRIN,” ujar Indra Bachtiar, Wakil Kepala Sekolah SMK Al-Falah Bandung.


Kunjungan ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengunjungi Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi (PRKKE) BRIN dan diterima oleh Arief Kurniawan. Di sana, para siswa mendapat kesempatan untuk melihat langsung berbagai kegiatan, fasilitas dan hasil riset di PRKKE-BRIN, seperti fasilitas Grid Fast Charging Station, Fasilitas Laboratorium Control Room Charging Station, dan Laboratorium Smart Micro Grid.

Kelompok kedua mengunjungi laboratorium Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (LT2MP) BRIN dan diterima oleh Muhammad Yusuf. Di sana, para siswa diajak melihat fasilitas Pengujian Engine-Vehicle, pengujian performa kendaraan, konsumsi bahan bakar kendaraan (Fuel Cosumtion) dan pengujian gas buang.


“Semoga kunjungan kali ini dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi generasi muda khususnya siswa SMK Al-Falah Bandung dalam mempersiapkan generasi masa depan yang mampu menghadapi tantangan teknologi yang semakin pesat,” ujar Indra.


Kunjungan ini diharapkan dapat memotivasi para siswa untuk terus belajar dan berkarya di bidang sains dan teknologi, sehingga dapat berkontribusi dalam kemajuan bangsa Indonesia. (gs/ft.jay/ed.ark,sj)