• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 117 ) Feb 6, 2024

SMA HighScope Indonesia Kunjungi BRIN, Tambah Wawasan di Berbagai Bidang Ilmu


Tangerang Selatan - Humas BRIN. Sebanyak 100 siswa-siswi SMA HighScope Indonesia mengunjungi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kawasan Sains dan Teknologi BJ Habibie, Serpong pada hari Senin (5/2). Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa di berbagai bidang ilmu, khususnya sains dan teknologi.


Rombongan SMA HighScope Indonesia disambut oleh Koordinator Layanan Humas Kawasan Multi Unit Kerja Serpong I, Arti Juwita. Dalam sambutannya, Arti memaparkan mengenai profil KST BJ Habibie Serpong beserta fasilitas dan hasil riset yang ada di kawasan. Arti juga menjelaskan bahwa riset dan teknologi memiliki peran penting dalam menambah nilai suatu barang atau jasa, sehingga mampu menggerakkan ekonomi berbasis iptek. 


Selanjutnya, siswa-siswi dibagi menjadi 3 kelompok untuk mengunjungi Laboratorium Bioteknologi, Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi (PRKKE), dan Laboratorium Teknologi Termodinamika Motor Propulsi (LT2MP).


Di Laboratorium Bioteknologi, para siswa mendapatkan informasi mengenai pengembangan ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dapat digunakan oleh manusia.


Sementara itu di PRKKE, para siswa HighScope dijelaskan mengenai Laboratorium Smart Micro Grid dan Charging Station kendaraan listrik. Di LT2MP, para siswa diperkenalkan mengenai teknologi yang ada di motor bakar.


Di tengah rangkaian kunjungan, siswa-siswi SMA HighScope Indonesia mendapatkan tugas untuk melakukan wawancara singkat mengenai tempat kunjungan dengan narasumber sebagai bahan untuk sharing knowledge dengan siswa lainnya.


Kepala Sekolah HighScope Jakarta, Eva Tantri Mahastri, mengatakan bahwa kunjungan edukasi ini merupakan sebuah aktivitas pembelajaran untuk membangun pengetahuan siswa melalui kegiatan konkrit.


"Melalui kunjungan edukasi ini, siswa diharapkan dapat mengobservasi dan mengumpulkan informasi terkait perkembangan inovasi dan teknologi di Indonesia dan dapat mengispirasi siswa/i kami untuk mengembangkan project science research mereka," ujar Eva.


Kunjungan edukasi ini ditutup dengan foto bersama antara siswa-siswi SMA HighScope Indonesia dan perwakilan BRIN. (gp,rdt/ed: aj,sj)