• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 111 ) May 30, 2024

Siswa SMK Bina Insan Bangsa Bandung Kunjungi KST BJ Habibie BRIN Serpong


Tangerang Selatan, 30 Mei 2024 - Sebanyak 50 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Insan Bangsa Bandung mengunjungi Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie Serpong – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Kamis (30/5). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa kepada ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus menambah wawasan mereka.

Para siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengunjungi Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi (PRKKE) dan diterima oleh Eka Rakhman Priandana, Perekayasa Ahli Madya di PRKKE. Di sana, mereka diajak untuk melihat fasilitas dan hasil penelitian yang dilakukan di PRKKE, termasuk fasilitas dan hasil riset Charging Station untuk kendaraan listrik.

Eka menjelaskan bahwa Charging Station di PRKKE, meskipun sudah cukup lama, memiliki kehandalan dan kemampuan untuk mengisi daya kendaraan listrik. "Waktu yang diperlukan untuk mengisi daya kendaraan listrik berbeda-beda, karena dipengaruhi oleh jenis kendaraan listrik dan kapasitas daya listrik yang dimiliki oleh charger station itu sendiri," ujar Eka.

Selanjutnya, para siswa melihat langsung fasilitas Control Room Charging Station dan fasilitas kendaraan sepeda motor listrik. Eka juga menjelaskan dan mengajak siswa untuk memahami bagaimana perkembangan kendaraan sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan dan hemat energi, salah satunya adalah penggunaan transportasi kendaraan listrik.

"Infrastruktur pengisian daya merupakan elemen penting untuk mendukung kendaraan listrik. Namun, infrastruktur ini belum terpenuhi secara merata di seluruh daerah di Indonesia," tambah Eka.

Sementara itu, kelompok kedua mengunjungi Laboratorium Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (LTMP) BRIN dan diterima oleh Anis Sukmono, perekayasa ahli muda dari LTMP BRIN. Di sana, mereka diajak untuk melihat fasilitas riset dan pengujian di LTMP, termasuk fasilitas pengujian emisi gas buang dari kendaraan dan fasilitas pengujian mesin kendaraan baik yang berbahan bakar bensin, maupun diesel/solar.

Para siswa dan guru merasa senang bisa belajar dan melihat langsung fasilitas riset dan pengujian di LTMP. Kunjungan ini menambah pengalaman mereka dan membuka wawasan dalam hal iptek yang dikembangkan Indonesia. (gs/edt.ark,sj)