• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 253 ) Nov 3, 2023

Siaran Pers Ramah SEO, Strategi Penting Humas Pemerintah di Era Digital


Jakarta - Humas BRIN. Dalam era informasi yang terus berkembang, siaran pers memiliki peran krusial dalam menjaga transparansi dan kredibilitas pemerintah. Humas pemerintah semakin menyadari pentingnya komunikasi yang efektif dengan masyarakat, Dalam upaya memastikan masyarakat selalu mendapatkan informasi yang akurat dan terkini.  Pemerintah semakin menyadari betapa pentingnya siaran pers bagi departemen humas mereka, Pada era di mana informasi dapat dengan mudah disebarkan melalui berbagai platform, siaran pers menjadi sarana penting untuk mengomunikasikan kebijakan, program, dan pencapaian pemerintah kepada publik.


Humas pemerintah bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh pemerintah benar-benar mencerminkan tujuan dan visi negara. Melalui siaran pers, mereka dapat mengklarifikasi isu-isu yang mungkin disalahpahami atau disinformasikan oleh pihak ketiga hal merupakan cara utama yang penting bagi organisasi untuk menginformasikan segala sesuatu secara baik, jelas, dan mempersuasif publik demi lancarnya alur komunikasi. Salah satu strateginya adalah menggunakan Search Engine Optimization (SEO). 


Seperti diketahui, Siaran Pers Ramah SEO adalah Siaran Pers yang ditulis dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan peringkatnya di mesin pencari, Siaran pers ini biasanya berisi kata kunci yang relevan dengan bisnis atau organisasi yang mengeluarkannya, serta tautan ke situs web atau halaman lain yang relevan. Untuk meraih SEO tersebut, dibutuhkan teknik khusus agar produk komunikasi dapat diterima dengan cepat oleh masyarakat.


BRIEF (BRIN INSIGHT EVERY FRIDAY) kembali hadir  mengusung tema Siaran Pers Yang Ramah SEO, dengan menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya, yaitu Antonia Adega. Antonia adalah seorang praktisi komunikasi yang saat ini menjabat sebagai Communications Senior Lead di Tokopedia. dalam paparannya Adega menjelaskan bahwa Indonesia itu ternyata terdiri dari lebih dari 278 juta penduduk dan jumlah yang besar ini membawa Indonesia menjadi negara ke-4  terbesar  di dunia dengan jumlah penduduk terbesar. Sedangkan jumlah pengguna internetnya pun tidak kalah banyak jumlahnya mencapai hampir 80% dari total jumlah penduduk di Indonesia yaitu sekitar 215 juta penduduk. ujarnya pada Jumat (03/11).


Adega juga menjelaskan bahwa potensi pasar digital di Indonesia sangat besar. Hal ini didukung oleh jumlah penduduk yang besar dan pengguna internet yang banyak. Dengan potensi pasar digital yang besar, siaran pers yang ramah SEO menjadi salah satu strategi penting bagi humas untuk menjangkau audiens di Indonesia.


Humas pemerintah dan umum diminta untuk memperhatikan prinsip-prinsip SEO (search engine optimization) dalam menulis siaran pers. "SEO adalah kunci agar informasi yang disampaikan oleh humas dapat lebih mudah ditemukan oleh audiens di internet, dengan menerapkan prinsip-prinsip SEO, humas dapat meningkatkan visibilitas informasi mereka di internet, menarik lebih banyak pengunjung, dan mencapai target audiens dengan lebih efektif." ujar Adega.


Menurut Adega, ada beberapa tips agar siaran pers ramah SEO, antara lain Gunakan judul yang disesuaikan dengan kata kunci yang relevan, Buatlah judul yang sederhana dan mudah dimengerti, Lakukan variasi kata kunci, Masukkan nama atau brand pada keterangan gambar, dan Hindari judul yang terlalu panjang.


Selain itu, humas juga perlu menjalin kolaborasi dengan media. "Media adalah stakeholder utama humas," kata Adega. "Oleh karena itu, humas perlu terbuka terhadap media dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh media."


Adega menambahkan, dalam dunia yang terus berubah, siaran pers menjadi salah satu instrumen paling penting dalam menjaga keterbukaan dan mengelola citra pemerintah. "Dengan menerapkan prinsip-prinsip SEO, humas dapat meningkatkan efektivitas siaran pers dalam mencapai tujuannya, dalam menjaga keterbukaan dan mengelola citra pemerintah. Hal ini mendukung upaya pemerintah untuk melayani masyarakat dengan baik dan menciptakan kondisi yang lebih baik. Dengan menerapkan prinsip-prinsip SEO dalam siaran pers, perusahaan atau individu yang mengeluarkan siaran pers dapat meningkatkan visibilitas informasi mereka di internet, menarik lebih banyak pengunjung, dan mencapai target audiens dengan lebih efektif." Pungkas Adega. (rte/sj)