• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 1481 ) Nov 12, 2021

Ritech Expo 2021 Pameran Teknologi Terbesar di Indonesia


Jakarta, Humas LIPI. Pameran riset, inovasi, teknologi terbesar di Indonesia, Ritech Expo 2021, telah resmi dibuka pada tanggal 10 November lalu, Berbagai produk dan inovasi ditampilkan pada pameran ini dengan menghadirkan lebih dari 80 exhibitor yang berasal dari lembaga riset, perguruan tinggi, industri, BUMN, perusahaan startup, hingga mitra luar negeri.


Pada sesi bincang santai BRIDGE ( BRIN Dialog in Instagram ) di kanal live instagram @ppid_brin (11/11) kemarin, Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan BRIN Driszal Fryantoni menjelaskan bagaimana kita dapat dengan mudah mengakses pameran yang dilaksanakan secara virtual, yaitu cukup membuka website www.ritechexpo.id dan menuju button register yang tersedia pada laman web. “Visitor dapat melakukan registrasi dengan memilih topik pembahasan yang relate/berhubungan dengan disiplin ilmu/kegemaran mereka. Dengan hal tersebut, website ritech expo akan memberikan informasi baik booth, exhibitor, atau webinar yang sesuai dengan topik pilihan visitor,” ujarnya.


Driszal menambahkan, selain memamerkan produk-produk unggulan yang dimiliki oleh para exhibitor dalam dan luar negeri. Ritech Expo 2021 juga menghadirkan serangkaian Webinar, Klinik Konsultasi, serta Demo Sains, yang khusus ditampilkan oleh pembicara unggulan dari institusi ternama dalam dan luar negeri, seperti Bio Farma, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Kemenkumham, dan 3M Indonesia. “Lebih dari 80 Exhibitor yang terbagi menjadi 4 kategori dengan beragam produk inovasi unggulan diantaranya Perguruan Tinggi, Lembaga Litbangjirap Pemerintah, Industri, Startip dan Mitra Internasional. Institusi tersebut turut memberikan insight menarik ke dalam webinar, demo sains, hingga klinik konsultasi,” terangnya.


Selain itu, berbagai produk inovasi dalam berbagai bidang, salah satunya dibidang transportasi seperti N219 oleh PT Dirgantara Indonesia dan Organisasi Riset Penerbangan Antariksa BRIN, yang menampilkan pengembangan produk N219 Amphibi. “Pengalaman menyaksikan produk-produk riset tersebut sudah bisa dirasakan dalam bentuk 3D di website ritech expo,” ungkap Driszal. 


Berbagai macam produk dari berbagai bidang ditampilkan, salah satunya untuk penanganan pandemi covid-19. Sepuluh bidang riset yang ikut dalam pameran virtual ini adalah Pangan dan Pertanian, Kesehatan dan Obat, Energi dan Energi Terbarukan, Transportasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi,Pertahanan dan Keamanan, Material Maju, Kemaritiman, Penanggulangan Bencana,Sosial Humaniora, dan Seni, Budaya, dan Pendidikan.


Sebagai informasi, booth paling banyak dikunjungi  per 10 November 2021 OR Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Jumlah Kunjungan : 190 yang dapat diakses melalui tautan https://ritechexpo.id/booths/14, Kereta Cepat Jakarta-Surabaya (Rispro LPDP ITS) Jumlah Kunjungan : 183 akses tautan https://ritechexpo.id/booths/260 , dan Balai Pengembangan Instrumentasi BRIN Jumlah Kunjungan : 149 akses tautan https://ritechexpo.id/booths/258 


Diharapkan dengan kegiatan pameran virtual Ritech Expo 2021 ini, dapat berjalan dengan lancar dan dapat mengenalkan hasil riset inovasi teknologi  bagi masyarakat luas. (she)