• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 592 ) Aug 24, 2022

RIISKA Menjawab Tantangan Teknologi Permudah Akses Layanan BRIN


Serpong, Humas BRIN. Layanan Contact Center berbasis kecerdasan buatan adalah inovasi baru Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik Indonesia. Pengembangan layanan ini merupakan bagian dari peningkatan kemudahan akses layanan BRIN kepada publik sekaligus merealisasikan manfaat teknologi kecerdasan buatan di tengah masyarakat Indonesia. 


Menurut Jasyanto “Pengetahuan pada layanan contact center tersebut disesuaikan dengan kondisi pengembangan. Bagaimanapun informasi dan pengetahuan tentang lembaga BRIN dapat berubah dan diperbarui sesuai kondisi dan waktu. Agar layanan RIISKA dapat mencakup informasi aktual dan terkini dibutuhkan perawatan dan peninjauan pengetahuan di dalamnya secara berkala,” lanjutnya. Sejak beroperasinya RIISKA pada Agustus 2021, sampai saat akhir Juli 2022 RIISKA telah melayani 12.410 sesi percakapan atau sekitar 34 sesi percakapan per hari.


Sesuai dinamika organisasi dan perkembangan informasi di lingkungan BRIN, maka knowledge RIISKA perlu untuk dimutakhirkan sesuai dengan data dan informasi terkini dari seluruh unit organisasi di Badan Riset dan Inovasi Nasional,baik berupa penambahan informasi baru maupun penghapusan informasi lama yang sudah tidak relevan. Mengingat banyaknya informasi terkini dan penting untuk diketahui masyarakat,maka pemutakhiran perlu dilakukan secara intensif dengan pendampingan dari vendor melalui kegiatan konsinyering. Hal ini karena tim RIISKA dari internal BKPUK hanya pernah dilatih dengan data dummy saja pada akhir tahun 2021 dan belum pernah dipraktikkan di sistem sesungguhnya, serta ditambah adanya personil baru di tim updating knowledge RIISKA, ujarnya.


Jasyanto berharap dengan adanya pemutakhiran Data Knowledge RIISKA ini adalah mutakhirnya knowledge RIISKA sesuai informasi terkini (per Juli 2022), terlatihnya tim updating RIISKA untuk melakukan pemutakhiran knowledge RIISKA sehari-hari pada masa mendatang serta mengoptimalkan chatbot RIISKA dalam membantu pelayanan public di lingkungan BRIN yang cepat, valid dan dapat diakses 24 jam.


Pemutakhiran knowledge RIISKA juga merupakan salah satu kegiatan pemberian informasi yang aktif di Koordinator Layanan Publik dan PPID BRIN dan tindak lanjut hasil Rapat Evaluasi Pelayanan Publik pada tanggal 6 Juli 2022. Workshop diselenggarakan selama 2 hari,dan diikuti oleh tim updating data RIISKA. (Rdn/cj)