• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 652 ) Dec 6, 2022

Perkuat Kolaborasi Riset Lingkungan, BRIN Gandeng PT. Insania Energi Utama dan PT. Siklus Mutiara Nusantara


Serpong, Humas BRIN. Dalam rangka memperkuat kolaborasi riset lingkungan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih (PRLTB) jalin kerjasama dengan PT. Insania Energi Utama dan PT. Siklus Mutiara Nusantara pada (06/12). Penandatanganan perjanjian kerjasama kolaborasi riset dilaksanakan di Gedung Geostech Kawasan Sains dan Teknologi B.J.Habibie, Tangerang Selatan.


Dalam sambutannya, Dr. Hanif periset dari PRLTB BRIN yang mewakili Dr. Sasa Sofyan Munawar selaku Kepala PRLTB menyatakan bahwa adanya kolaborasi riset dengan banyak mitra diharapkan dapat menghasilkan output yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat serta dihasilkannya suatu publikasi internasional.

“BRIN memiliki cukup banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh mitra riset sedangkan mitra riset swasta memiliki banyak sekali pengalaman di lapangan. Mudah-mudahan kolaborasi riset dapat berjalan secara maksimal”, pungkas Hanif.


Agenda penandatanganan kerjasama diawali dengan penadatanganan dokumen kerjasama yang dilakukan oleh BRIN dan PT. Insania Energi Utama yang meliputi karakterisasi selektif, uji kinerja serta identifikasi genetic molecular biodiversitas Indonesia dalam rangka mendukung database biodiversitas agen bioremediasi pencemaran lingkungan Indonesia. 


Direktur PT. Insania Energi Utama, Irji Amrullah, S.T. F.S.Eng dalam kesempatan yang sama  mengatakan bahwa ke depannya kolaborasi riset akan menghasilkan simbiosis mutualisme yang saling bermanfaat bagi seluruh pihak terutama masyarakat Indonesia. “Sejauh ini kami memiliki kendala yaitu keterbatasan alat serta fasilitas riset. Kerjasama dengan BRIN ini tentunya akan dapat menghasilkan kolaborasi riset yang maksimal”, ujar Irji.


Kegiatan ditutup dengan penandatanganan kerjasama antara BRIN dengan PT. Siklus Mutiara Nusantara dengan tema pemanfaatan limbah organik industry makanan minuman untuk perbanyakan biodiversitas mikroba nusantara yang dihadiri oleh Direktur Utama PT. Siklus Mutiara Nusantara, Muhammad Fachruddin, S.T. (RM.hmsS2/ed_ls)