• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 188 ) Jun 10, 2024

Pererat Silaturahim dengan Germas Bersama di Kebun Raya Cibodas


Bogor - Humas BRIN. Tak seperti biasanya, pada Jumat (7/6)), kegiatan Germas civitas Kusnoto dilakukan bersama di Kebun Raya Cibodas. Hal ini sebagai upaya membangun silaturahmi yang baik. Saling mengenal dan menciptakan rasa kebersamaan.


Tak hanya menciptakan networking, melalui Paguyuban civitas BRIN Kusnoto terus berusaha mewadahi aktivitas civitas yang ada di Kawasan Kerja Bersama Kusnoto. Berbagai hal yang menyenangkan yang sifatnya stress release terus dibangun agar memberikan keseimbangan di tengah tugas keseharian yang cukup melelahkan. Upaya ini, sebagai ikhtiar menciptakan lingkungan kondusif sehingga memberikan kenyamanan bagi sivitas. Muaranya tentu output yang secara langsung berhubungan dengan kinerja.


Aktivitas yang bersifat kegiatan sosial ataupun menyalurkan hobi terus dibangun secara swadaya. Olah raga dan Seni yang merupakan salah satu divisi yang ada di paguyuban, telah berperan mengkoordinir para civitas dalam menyalurkan kegemarannya dalam olah raga ataupun seni.


Rantan Krisnan, yang merupakan Ketua Divisi Olah Raga dam Seni menjelaskan bahwa kegiatan bersama antara Kusnoto dengan Kebun Raya Cibodas merupakan event perdana yang diinisiasi oleh Paguyuban. Setidaknya ada 2 event besar lagi yang direncakan di Tahun ini, yaitu lawatan olah raga bersama ke Kebun raya milik Pemda di Purwokerto pada bulan September, serta olah raga bersama dengan civitas BRIN yang ada di Yogjakara pada awal bulan Desember. Hal ini biasanya menjadi pendorong para civitas BRIN secara rutin berolahraga/latihan setiap minggunya dari masing-masing jenis olah raga.


“Selain olah raga, Paguyuban juga akan mewadahi hobi civitas dalam kegiatan seni. Inisiasi untuk membentuk grup angklung dan band musik menjadi pilihan. Hal ini untuk membantu melengkapi kebutuhan seperti kegiatan seminar dan workshop atau pertemuan-pertemuan lainnya. Maka kedua kegiatan seni tersebut dapat menjadi pemanis agar pertemuan lebih hidup atau meriah,” paparnya.


Sementara itu, Ketua Paguyuban KKB Kusnoto Adnan Albahry turut menegaskan bertanding untuk mencari kawan. Melalui kegiatan Germas, sebuah event olahraga ala BRIN, terasa spesial karena paguyuban CWS Kusnoto Bogor membawa kontingen olahraga sekitar 60 personel untuk pertandingan persahabatan dengan tim CWS Cibodas, di Kebun Raya Cibodas. 


“Senang rasanya, berkeringat dan tertawa bersama. Riuh rendah adu skor melupakan sejenak kepenatan dan rutinitas sehari-hari. Sehat jiwa, raga dan psikologi. Mengetahui bahwa kita punya banyak teman dan sahabat, tanpa sekat pusat riset ini atau lintas kedeputian,” tutur Adnan.


Mengakhiri penjelasannya, Adnan pun menyampaikan harapannya bahwa tak hanya berkeringat bersama, namun dari kebersamaan ini akan timbul kolaborasi-kolaborasi kerja riset baru. Kami “menantang” CWS kawasan lain untuk adu skor, boleh olahraga lapangan, board games, adu tangkas domini, atau sekedar adu karaoke. Tinggal sebutkan waktu dan tempat, kami akan datang. Ada yang berani? (MKR)