• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 769 ) Jun 8, 2022

Pentingnya Komunikasi Praktis bagi Arsiparis


Jakarta - Humas BRIN, Badan Riset dan Inovasi Nasional menggelar webinar bertema " Teknik Komunikasi Praktis/Webinar Kearsipan " Selasa (07/06), di era demokrasi seperti sekarang ini keberadaan arsip dapat dikelola secara modern melalui tiga aspek, yaitu moderenisasi pengelolaan arsip melalui database yang rapi dan lengkap, aspek hukum yang semakin kuat, dan aspek komunikasi publik yang semakin baik.


Pada kesempatan ini Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik, Umum dan Kesekretariatan BRIN Drizal Fryantoni mengatakan agar Arsiparis dapat memiliki Komunitas atau forum komunikasi antar Arsiparis BRIN untuk saling memberikan informasi. Melalui webinar ini Drizal berharap agar seluruh arsiparis BRIN dapat membuat tulisan di majalah populer yang sifatnya nasional, yang memuat sejarah tentang terbentuknya BRIN, atau kegiatan yang dilakukan BRIN dari masa - ke masa yang disampaikan dengan komunikasi praktis yang sederhana, sehingga terpacu untuk meningkatkan kemampuan dan angka kredit bagi arsiparis, ujarnya. 


Sementara itu pada kesempatan yang sama Koordinator Arsiparis BRIN, Firnalia menyampaikan bahwa webinar kali ini berbeda dari webinar sebelumnya karena webinar ini akan terfokus pada peningkatan kemampuan para arsiparis bukan hanya dari kemampuan pengelolaan kearsipan saja melainkan kemampuan dalam meningkatkan sisi komunikasi. 


Hadir sebagai pembicara adalah Koordinator Komunikasi Publik, Dyah Rachmawati Sugiyanto yang memaparkan Teknik Komunikasi Praktis yang mana komunikasi efektif itu harus mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang lain, karena pada dasarnya fungsi komunikasi itu adalah perubahan sikap, mengubah opini dan perilaku serta mengubah masyarakat.


Dyah menambahkan ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan komunikasi yaitu : tetapkan tujuan, kenali lawan bicara, dan persiapkan substansi atau diri, lalu bagaimanakah teknik komunikasi praktis yang baik itu ? Dalam penyampain pesan hendaklah dilakukan seefektif mungkin, berikan bentuk komunikasi yang memotivasi, bangun suasana kondusif dengan lawan bicara agar tidak kaku, dan jadi pendengar yang baik.




Komunikasi efektif dan praktis ini penting adanya untuk para arsiparis dalam rangka pengelolaan kearsipan di lingkungan kerjanya masing-masing terutama jika ada audit kearsipan, Diharapkan melalui webinar ini para arsiparis dapat menambah wawasan dan pemahaman tentang pentingnya komunikasi agar apa yang kita sampaikan dapat tersampaikan dengan tepat. (cr/edt.cj)