• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 262 ) Aug 14, 2023

Pengelolaan Limbah Radioaktif Untuk Generasi Sekarang dan Mendatang


Serpong - Humas BRIN. Instalasi Pengelolaan Limbah Radioaktif (IPLR) Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK-BRIN) mengadakan kegiatan Temu Pelanggan IPLR tahun 2023 dengan fokus pada Pengelolaan Limbah Radioaktif dengan Bijak untuk Generasi Sekarang dan Mendatang, pada Rabu (09/08).


Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap program HARTEKNAS BRIN, dan dilaksanakan di Auditorium Gedung 71, Kawasan Sains dan Teknologi B.J. Habibie Serpong. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dengan para pelanggan IPLR serta memberikan informasi terkini seputar pengelolaan limbah radioaktif di Indonesia.


Acara Temu Pelanggan ini diisi dengan materi dan diskusi mengenai permasalahan pengelolaan limbah radioaktif, termasuk ijin dan proses pelimbahan dalam Layanan Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia. Acara dilanjutkan pada tanggal 9 Agustus 2023 dengan kunjungan ke Fasilitas Instalasi Pengelolaan Limbah Radioaktif dan Reaktor GA Siwabessy.


Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2002 tentang Pengelolaan Limbah Radioaktif, disebutkan bahwa pengelolaan limbah radioaktif harus didasarkan pada Asas Proteksi Radiasi yang meliputi asas justifikasi, limitasi, dan optimisasi. Tujuannya adalah melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja, masyarakat, serta lingkungan hidup dari bahaya radiasi dan kontaminasi.


Acara Temu Pelanggan IPLR ini juga bertujuan untuk memberikan solusi pelimbahan radioaktif bagi para pelanggan. Dalam rangkaian kegiatan ini, peserta mendapatkan informasi terkini mengenai standar pelayanan pengelolaan limbah radioaktif, layanan perizinan fasilitas radiasi, dan zat radioaktif yang melibatkan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN).


Melalui kegiatan ini, IPLR sebagai badan pelaksana pengelolaan limbah radioaktif di Indonesia ingin menjalin silaturahmi dengan pengguna layanan serta mendukung program BRIN Hari Teknologi Nasional ke-28 Tahun 2023. Acara tersebut dihadiri oleh pemateri dan peserta dari berbagai sektor, seperti RSUD Fatmawati, PT Anggrek, PT Indah Kiat, PT Krakatau Steel, PT Parisindo, dan lain-lain. (usy/sj)