• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 125 ) Feb 2, 2024

OREM BRIN Gelar Silaturahmi Awal Tahun 2024, Apresiasi Periset dan Kelompok Riset Berprestasi


Tangerang Selatan - Humas BRIN. Organisasi Riset Energi dan Manufaktur (OREM) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyelenggarakan Silaturahmi Awal Tahun (SILAT) OREM 2024 pada hari ini, Jumat (2/2). Acara ini bertujuan untuk mempererat kekompakan dan kekeluargaan, serta mengapresiasi kelompok riset dan perisetnya.


Kegiatan SILAT 2024 diawali dengan jalan santai mengitari Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie Serpong dan dilanjutkan dengan berfoto bersama.


Kepala OREM, Haznan Abimanyu dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian OREM di tahun 2023. OREM telah melampaui target-target yang ditetapkan, baik target individu, maupun target pusat riset dan organisasi riset.


“Tahun 2023, OREM telah mendaftarkan 120 Kekayaan Intelektual (KI) dari 100 KI yang ditargetkan. OREM juga telah mempublikasikan 343 publikasi internasional. Jumlah publikasi ini jauh melampaui target publikasi yang sebanyak 150 publikasi internasional. Selain itu, OREM juga memperoleh 143% dana eksternal dari target 50% dana eksternal,” jelas Haznan.


Haznan berharap di tahun 2024, sivitas OREM dapat bekerja lebih keras dan giat lagi untuk mencapai target yang lebih tinggi. “Satu kesulitan yang kita hadapi akan membuat kita tumbuh. Jangan sampai kita stagnan, tapi teruslah bertumbuh,” ujar Haznan.


Kegiatan SILAT 2024 OREM dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing pusat riset tentang komposisi SDM dan capaiannya.


Puncak acara SILAT 2024 OREM adalah Penganugerahan Prestasi OREM 2023 kepada Periset Muda Terbaik dan Periset Senior Terbaik, yang berturut-turut dianugerahkan kepada Ristiyanto Adiputra dari PR Teknologi Hidrodinamika (PRTH) dan Hariana dari PR Konversi dan Konservasi Energi (PRKKE). Sedangkan Kelompok Riset Energi Surya Termal dan Energi Hidro dari PRKKE dinobatkan sebagai Kelompok Riset Terbaik OREM 2023. (ark/edt.aj,sj)