• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 54 ) Apr 22, 2024

Memperingati Hari Kartini, BRIN Komitmen Dukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan


Jakarta – Humas BRIN. Hari Kartini tidak hanya sekedar menjadi peringatan tetapi sebagai bentuk pengingat kepada kita agar harus memberikan akses dan kesempatan yang setara tanpa memandang gender. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko, dalam sambutannya pada apel pagi yang sekaligus juga memperingati Hari Kartini (22/04).


“Tanggal 21 April adalah Hari Kartini dan untuk itu khususnya kepada para perempuan di lingkungan keluarga besar BRIN saya mengucapkan selamat Hari Kartini, tentu saja tidak sekedar peringatan tetapi adalah mengingatkan kembali bahwa kita harus memberikan akses dan kesempatan yang setara tanpa memandang gender khususnya di dalam lingkungan BRIN,” tutur Handoko.


“Dan saya pikir sejauh ini kita telah melakukan itu dengan cukup baik terbukti dari demikian banyaknya sivitas BRIN, perempuan BRIN yang hebat-hebat ada tidak hanya di jajaran pimpinan tetapi juga sampai di semua level,” lanjut Handoko.


Handoko juga mengatakan bahwa dalam waktu tidak terlalu lama kemungkinan besar jumlah sivitas perempuan di BRIN akan lebih banyak daripada jumlah sivitas laki-laki, dan yang lebih penting adalah bagaimana BRIN bisa membantu para perempuan rekan-rekan keluarga besar BRIN untuk tetap bisa berkiprah di tengah kewajiban alaminya sebagai ibu.


Dikatakannya juga bahwa kewajiban sebagai ibu ini tidak hanya menjadi urusan personal masing-masing tetapi juga menjadi tanggung jawab komunitas bersama keluarga besar BRIN karena itu menjadi bagian dari upaya kita untuk menciptakan generasi muda bangsa negara Indonesia di masa datang yang lebih baik.


“Itu sebabnya mengapa di BRIN kita siapkan ruang laktasi dan sebagainya agar para perempuan di dalam keluarga besar BRIN itu bisa tetap menjalankan kewajiban alaminya sebagai seorang ibu dan sekaligus ada tanggung jawab sebagai bagian dari komunitas masyarakat Indonesia yang tidak mungkin bisa digantikan tetapi tetap dapat berkiprah sebagai ASN,” jelasnya.


“Kita patut bangga bahwa BRIN adalah K/L yang termasuk pertama yang mengimplementasikan daycare dan ruang laktasi secara masif di semua lokasi perkantoran yang kita kelola saat ini,” lanjut Handoko.


Masih dalam kesempatan yang sama, Handoko juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H bagi khususnya rekan-rekan yang beragama Muslim di keluarga besar BRIN.


“Semoga hari yang Fitri ini setelah menyelesaikan ibadah shaum di bulan Ramadhan dan memasuki satu Syawal kita semua bisa membuka lembaran baru dengan semangat baru motivasi baru dan keinginan baru untuk bisa berkontribusi lebih baik bagi bangsa masyarakat dan negara kita,” ujar Handoko. (nnp)