• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 120 ) Jan 25, 2024

Mahasiswa Uncen Antusias Kenali BRIN dan Aplikasi Ilmu Elektro


Biak - Humas BRIN. Sebanyak 89 mahasiswa dan 3 dosen pedamping dari Universitas Cenderawasih Jayapura Papua, Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro, melakukan kunjungan ke Kawasan Stasiun Lapangan Stasiun Bumi Biak, Senin (21/1).


Kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut. Tujuannya adalah untuk lebih mengenal Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan aplikasi ilmu pengetahuan tentang elektro di BRIN.


Dalam sambutannya, Pelaksana Fungsi Layanan Hubungan Masyarakat BRIN Biak, Marthina A. Pattinasarany, S.Kom, menyampaikan bahwa BRIN dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju 2045.


"BRIN memiliki tugas dan fungsi untuk melaksanakan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta invensi dan inovasi," kata Marthina.


Marthina juga menjelaskan bahwa KSL Stasiun Bumi Biak berada di bawah Direktorat Pengelolaan Laboratorium Fasilitas Riset, dan Kawasan Sains Teknologi, Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi. KSL Stasiun Bumi Biak bertugas untuk mengoperasikan akuisisi Data Tracking, Telemetry & Command (TTC) Satelit LAPAN A2 dan satelit LAPAN A3, serta akuisisi data antariksa dan atmosfer.


Dosen pendamping KKN Universitas Cenderawasih, Jakobus Kariongan, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengenal BRIN dan aplikasi ilmu pengetahuan tentang elektro.


"Kami berharap agar ada kerja sama kolaborasi riset antara BRIN dan Universitas Cenderawasih," kata Jakobus.


Kunjungan ini ditutup dengan mengunjungi stasiun bumi dan fasilitas-fasilitas yang ada di KSL Stasiun Bumi Biak. Mahasiswa terlihat antusias untuk mengetahui apa saja fasilitas pada stasiun bumi serta fungsi dan kegunaan satelit LAPAN A2 dan LAPAN A3. (map/edt.sj)