• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 331 ) Nov 1, 2023

Kunjungan Industri Mahasiswa UI ke BRIN: Peluang Kerjasama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia


Tangerang Selatan  - Humas BRIN. Sebanyak 100 mahasiswa semester I dari Program Studi Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, bersama dengan Kaprodi dan dosen, mengunjungi Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie - Serpong, yang merupakan bagian dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), pada Selasa (31/10). Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan "kuliah industri" terkait dengan mata kuliah Penyusunan Program Komunikasi.


Acara kunjungan dimulai dengan pembukaan dan sambutan di Gedung Graha Widya Bhakti, KST BJ Habibie - Serpong. Mareta Maulidiyanti, Kaprodi Vokasi Humas Universitas Indonesia, memberikan sambutan awal, diikuti oleh sambutan dan paparan mengenai profil BRIN dan KST BJ Habibie - Serpong, serta strategi kehumasan BRIN oleh Koordinator Layanan Humas Kawasan Multi Unit Kerja Serpong I, Arti Juwita. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan materi mengenai Pewartaan Digital / Digital Broadcasting BRIN TV oleh Koordinator Pewarta Digital BRIN, Dini Fronitasari, dan penyerahan cindera mata.




Mareta Maulidiyanti menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mendukung mahasiswa dalam mata kuliah Penyusunan Program Komunikasi, sehingga mereka dapat membuat proposal yang efektif berdasarkan penelitian. Ia juga berharap kunjungan ini dapat membuka potensi kerjasama antara Vokasi UI dan BRIN untuk mempersiapkan sumber daya unggul di bidang humas.


"Kunjungan hari ini merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat menunjang mahasiswa, terutama dalam mata kuliah Penyusunan Program Komunikasi, agar dapat membuat proposal yang baik, menarik, dan berlandaskan research sehingga efektif strategi komunikasinya. Setelah ini mungkin kita dapat menginisiasi potensi-potensi kerjasama yang dapat kita lakukan antara Vokasi UI dan BRIN agar nantinya dapat menyiapkan sumber daya- sumber daya unggul, sumber daya- sumber daya humas yang siap kerja." ujar Mareta.


Sementara itu Koordinator Layanan Hubungan Masyarakat Kawasan Multi Unit Kerja Serpong I Arti Juwita menjelaskan bahwa BRIN memiliki tiga arah dan tujuh target yang menjadi tantangan di bidang kehumasan, dan Pranata Humas BRIN bertugas untuk menyampaikan informasi ini kepada masyarakat secara menarik dan mudah dipahami.


"Ada 3 arah dan 7 target BRIN yang menjadi suatu tantangan tertentu di bidang kehumasan bagi Pranata Humas BRIN, dimana dapat menyampaikan hal-hal tersebut kepada masyarakat agar menarik dan dapat dipahami semua lapisan masyarakat." jelas Arti.


Masih pada kesempatan yang sama Koordinator Pewarta Digital BRIN Dini Fronitasari menjelaskan konten program yang dihasilkan oleh BRIN TV, termasuk berita (Brinovasi News), dokumenter (Jelajah Sains), majalah TV (Plesiran Sains), dan talkshow. Mahasiswa kemudian diajak untuk mengunjungi studio BRIN TV di gedung 720 KST BJ Habibie - Serpong, di mana mereka dapat melihat dan mempelajari proses produksi di BRIN TV. Mahasiswa bahkan memiliki kesempatan untuk mencoba peran sebagai host dalam acara BRIN TV, dan mereka menunjukkan antusiasme yang luar biasa dalam sesi tanya jawab dan praktik di studio BRIN TV.


"Kami di BRIN TV memiliki beragam konten program seperti News (Brinovasi News), Dokumenter (Jelajah Sains), TV Magazine (Plesiran Sains), dan Talkshow. Melalui kunjungan ini, mahasiswa mendapatkan wawasan tentang konsep dan pekerjaan di balik layar BRIN TV, yang dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang tertarik dalam dunia penyiaran dan produksi media." Kata Dini.


Diharapkan kunjungan ini memberikan wawasan berharga kepada mahasiswa Universitas Indonesia tentang dunia kehumasan dan produksi media, sambil membuka pintu kerjasama yang potensial antara universitas dan BRIN. (ar/edt.aj,sj)