• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 259 ) Jun 21, 2023

Komunitas H2O SMA IT Nurul Fikri Bogor Lakukan Lab Tour ke KST BJ Habibie BRIN


Tangerang Selatan - Humas BRIN. Sebanyak 15 siswa SMA Islam Terpadu Nurul Fikri Boarding School Bogor mengunjungi Laboratorium Elektronika yang berada di Gedung Teknologi 2 Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie Serpong, Selasa (20/6). Ini merupakan kali pertama para siswa SMA IT Nurul Fikri Boarding School Bogor mengunjungi fasilitas Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).


“Kunjungan ke BRIN ini merupakan bagian dari kegiatan Lab Tour yang digagas oleh OSIS melalui komunitas H2O Hypotesis Heroes untuk peningkatan analytical thinking skill para siswa,” terang Dian Ilmiyati yang merupakan guru pendamping Lab Tour SMA IT Nurul Fikri Boarding School Bogor.


Lebih lanjut Dian menjelaskan bahwa Lab Tour ini merupakan kegiatan unggulan yang bertujuan membantu siswa memahami relevansi penelitian dengan kehidupan sehari-hari, memberikan motivasi minat siswa dalam ilmu pengetahuan maupun riset dan mengembangkan keterampilan observasi dan analisis siswa.“Yang hadir sekarang merupakan siswa kelas 11 dan 12, sehingga kunjungan ini bisa menjadi bekal bagi mereka untuk mempertimbangkan jurusan apa yang akan mereka pilih nantinya,” tambahnya.


Dalam kunjungan ini, para siswa tidak hanya dijelaskan tentang riset-riset yang sedang dikerjakan, tetapi juga diberi kesempatan untuk menjelajahi laboratorium beserta peralatan yang ada di dalamnya. Alat scanning 3D dan mesin pendingin untuk memperpanjang masa simpan buah merupakan beberapa peralatan yang cukup menarik perhatian siswa. Para siswa tampak cukup antusias pada kunjungan perdana ini. Tak jarang siswa berinteraksi secara langsung dengan beberapa pemandu sambil melengkapi kertas kerja mereka.



“ternyata kawasan ini luas sekali dan banyak fasilitas laboratorium, mungkin setelah ini kami akan kembali untuk mengunjungi fasilitas BRIN lainnya,“ tutupnya.

Kunjungan siswa atau sekolah ke fasilitas riset di BRIN bisa menjadi sarana yang baik untuk mengenalkan riset kepada generasi muda sekaligus memberikan motivasi bagi para calon-calon periset. (arf./ed:lh)