• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 149 ) May 16, 2024

Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Periset, BRIN Pontianak Terima Kunjungan Periset Korea


Pontianak - Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Pontianak menerima kunjungan Periset dari Korea Selatan pada Rabu (08/05). Kunjungan ini dimaksudkan untuk melakukan inspeksi dan monitoring operasional peralatan PANDORA sekaligus bimbingan teknis singkat tentang penanganan yang diperlukan. PANDORA berfungsi untuk mengukur kualitas udara serta upaya meningkatkan kerjasama dalam penelitian dan inovasi terkait lingkungan.

 

PANDORA bekerja dengan menerima data langsung dari satelit yang mana antenanya bergerak secara vertikal dan horizontal mengikuti arah matahari. Didalam satu alat Pandora terdapat 3 bagian, yaitu Sensor, Antena, dan Powersupply.

 

La Ode Muhammad Musafar, Koordinator BRIN Kawasan Pontianak, menyambut baik atas kunjungan tersebut. "Kami menyambut baik para periset dari Korea Selatan di BRIN Pontianak. Kolaborasi seperti ini adalah langkah penting dalam menjembatani penelitian untuk mengatasi lingkungan yang semakin kompleks," ujarnya.

 

Musafar menyebut kolaborasi ini menjadi landasan dalam meningkatkan pemahaman bersama dan memperluas jaringan riset di bidang lingkungan. Selain itu, Bimtek yang diselenggarakan juga menjadi wadah bagi para peneliti untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan serta mengelola peralatan PANDORA secara efektif, pungkasnya.

 

Sementara itu, Jounghyeoun Park periset asal Korea Selatan menyampaikan terima kasih dapat berkolaborasi dengan BRIN dalam riset ini. “Saya berharap pengoperasian PANDORA dapat meningkatkan kerjasama dari kedua belah pihak dalam pemahaman tentang kualitas udara dalam penelitian dan inovasi terkait lingkungan,” ujarnya.

 

Acara Bimtek sendiri mencakup serangkaian presentasi, dan sesi tanya jawab. Para peserta aktif terlibat dalam diskusi untuk memperdalam pemahaman mereka tentang penggunaan dan pemeliharaan peralatan PANDORA. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa peralatan tersebut tetap beroperasi dengan optimal dan akurat. (msr)