• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 197 ) Jun 28, 2024

Kolaborasi Strategis Antara PT. ESI dan BRIN


Subang - Humas BRIN.  PT. Enviro Strategic Indonesia (ESI) mengunjungi Pusat Riset Teknologi Tepat Guna (PRTTG) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk menggali potensi kerjasama dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Pertemuan ini merupakan langkah strategis PT. ESI dalam memperluas jangkauan kontribusinya melalui inovasi teknologi yang berbasis keilmuan.


Achmat Sarifudin dari PRTTG BRIN menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor industri dan lembaga riset untuk menghadapi tantangan pembangunan berkelanjutan. "Kolaborasi dengan PT. ESI dalam bidang riset ini penting untuk menghadirkan solusi-solusi inovatif yang dapat diterapkan secara luas dalam CSR perusahaan dan manfaatnya bagi masyarakat," ujarnya.


PT. ESI, sebuah perusahaan yang fokus pada manajemen CSR yang berkelanjutan, menggarisbawahi komitmen mereka dalam menyediakan solusi end-to-end melalui riset dan analisis data. "Kami berupaya untuk mengubah paradigma industri menjadi lebih ramah lingkungan melalui inovasi yang didasarkan pada riset ilmiah," kata Moch Rizky Hakim Adhyguna, Chief Executive Officer PT. ESI.


Dalam pertemuan ini, disorot pula tentang keberhasilan PT. ESI dalam mengaplikasikan teknologi tepat guna dalam program-program CSR mereka. "Kami percaya bahwa dengan mengintegrasikan hasil-hasil riset terkini, kami dapat memberdayakan lebih banyak masyarakat dan menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan," tambah Hakim.


Selain itu, diskusi tentang pendanaan riset dan skema kolaborasi seperti Pusat Kolaborasi Riset (PKR) juga menjadi fokus utama. "PT. ESI berharap dapat memanfaatkan fasilitas PKR untuk mengembangkan lebih lanjut riset-riset yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat," ungkapnya.


Perwakilan BRIN, Sael Pane dan Fitri Widiyanti, menegaskan bahwa kerjasama dengan PT. ESI akan difokuskan pada pengembangan teknologi yang dapat diaplikasikan secara luas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. "Kami berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur riset yang mendukung kolaborasi inovatif ini," jelas Sael.


Dengan demikian, pertemuan ini tidak hanya menjadi momentum untuk sharing knowledge antara PT. ESI dan BRIN, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam memajukan pembangunan berkelanjutan melalui pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan di Indonesia. (sp.ecp.da/da ed. set)