• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 231 ) May 26, 2023

Kolaborasi BRIN bersama IAIN, Sukseskan Program MBKM


Pontianak-Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Pontianak, menerima 5 (lima) Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Fakultas Syariah untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan ini merupakan kolaborasi BRIN dan IAIN yang di laksanakan mulai tanggal 21 Mei sampai dengan 7 Juli 2023.


Program PKL yang dilakukan oleh IAIN ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yaitu untuk meningkatkan lulusan pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri serta masa depan yang semakin cepat mengalami perubahan.

Kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di luar program studinya.


Sub koordinator layanan umum Helmy Suryaputra mewakili Koordinator Pelaksana Fungsi Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, Kawasan Pontianak menyambut baik kegiatan PKL yang selama ini telah terjalin.


Selanjutnya Helmy mempresentasikan pembentukan BRIN, struktur organisasi, informasi program-program BRIN dan hasil-hasil riset sains antariksa dan atmosfer yang dilakukan di BRIN Kawasan Pontianak.


Selain itu Helmy juga mengarahkan kepada mahasiswa untuk memperdalam cara pengoperasian dan penggunaan telescop yang mana peralatan ini sering digunakan untuk pengamatan hilal menyambut awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah serta untuk pengamatan Kulminasi Matahari, tutur Helmy.


Ia berharap kepada peserta PKL/magang  agar bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu yang akan disampaikan oleh periset BRIN, pungkasnya.


Dosen pembimbing Suhardiman menyampaikan terima kasih kepada pihak BRIN Kawasan Pontianak atas penyambutannya untuk dapat menerima mahasiswa melakukan PKL, ia berharap kolaborasi antara BRIN dan IAIN Pontianak dapat dikembangkan dan tingkatkan lebih lanjut.


Suhardiman menyampaikan tujuan dari PKL membantu mahasiswa untuk memiliki wawasan karier, memilih bidang karier yang ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dalam lingkungan kerja, serta mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahliannya.


Menurut penuturan Suhardiman, program yang dilaksanakan ini sekaligus menjadi sarana menambah wawasan serta pengalaman mahasiswa, dan juga agar pemahaman dibidang astronomi lebih terasa dengan cara turut aktif dalam serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh periset BRIN, pungkasnya. (msr)