• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 91 ) Apr 24, 2024

Kepala BRIN: Halal Bihalal sebagai Momentum untuk Meningkatkan Kekompakan Bekerja demi Kemajuan Riset


Cibinong - Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) secara serentak menyelenggarakan halal bihalal di seluruh Kawasan pada Selasa (23/04), termasuk di Kawasan Sains Teknologi (KST) Sokarno Cibinong.


Ajang silaturahmi yang mengusung tema “Dengan Landasan Takwa Kita Pacu Kinerja Riset dan Inovasi”, tersebut hampir dihadiri oleh 1000 orang sivitas BRIN Cibinong.


Dalam sambutannya, Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, bulan syawal ini merupakan awal yang baik untuk tetap semangat bekerja dan berkontribusi nyata bagi masyaratkat dan bangsa.


“Mari kita manfaatkan momen ini sebagai penguat silaturahmi sekaligus meningkatkan kekompakan kita sebagai keluarga besar dalam menyongsong tanggungjawab kita sebagai BRIN, ASN, periset dan manajemen riset demi kemajuan bangsa dan negara,” ujar Handoko.


Dalam kesempatan tersebut, Handoko juga berkesempatan menyapa seluruh sivitas BRIN yang terhubung secara daring di 31 kawasan yang menyelenggarakan halal bihalal oleh DKM di kawasan masing-masing.


Handoko mengucapkan terima kasih kepada seluruh DKM di seluruh kawasan yang telah sukses menyelenggarakan acara ini dengan sangat baik dan mandiri dengan support BRI sebagai backing partner BRIN.


Sejalan dengan pernyataan Handoko, Endang Turmudi Peneliti Pusat Riset Masyarakat dan Budaya yang berkesempatan menyampaikan tausiyah dalam halal bihalal juga menyampaikan ladang amal kita sebagai umat Islam bagi masyarakat sangat terbuka lebar. Menurutnya kegiatan penelitian untuk memproduksi pengetahuan adalah aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat.


“Kesalehan dan ketakwaan itu tidak hanya berkaitan dengan ibadah yang terlihat saja, namun dapat berwujud kegiatan-kegiatan yang bernuansa sekuler, seperti penelitian,” ungkap Profesor Riset BRIN tersebut.


Dalam kesempatan yang sama, Enny Sudarmonowati Peneliti Pusat Riset Rekayasa Genetika yang juga menghadiri halal bihalal di KST Soekarno menyampaikan pesan yang senada. Dirinya mengingatkan pentingnya menciptakan iklim yang kekeluargaan di antara sivitas BRIN.


“Jadi jangan hanya memikirkan riset saja, kita perlu meluangkan waktu berkumpul di momen halal bihalal seperti ini dengan teman sejawat diluar aktivitas rutin kita.  Halal bihalal adalah budaya, namun alangkah baiknya jika di momen ini seluruh sivitas meluangkan waktu untuk bersilaturahmi untuk memperkuat hubungan antar pegawai BRIN khususnya di lingkungan KST. Soekarno Cibinong,” ungkap Enny. (sa)