• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 282 ) Jun 9, 2023

Jajaki Peluang Kolaborasi Divais dan Sistem Elektronika


Bandung – Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional melalui Pusat Riset Elektronika (PRE) saat ini tengah fokus pada riset dan inovasi pada divais dan sistem elektronika yang didalamnya ada yang terkait divais sensor, divais energy harvesting, rangkaian elektronika, dan lainnya.

 

Berkenaan dengan hal tersebut PRE menerima kunjungan dari Saga University Bersama Tominaga Lab untuk membahas rencana kerja sama terkait dengan divais sensor dan energy harvesting mempunyai peluang cukup menjanjikan, pada Jum’at (2/6). Prof. Tominaga hadir dalam kegiat tersebut. Dirinya merupakan salah satu professor di Jepang yang mempunyai peminatan riset pada area electrochemistry, Bioelectrochemistry, Development of enzyme electrodes, Mud battery and tantalum oxide formation.

 

Yusuf Nur Wijayanto, Kepala PRE menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini kedua belah pihak saling mengenalkan diri dengan memaparkan profilnya masing-masing. Diskusi interaktif dilaksanakan untuk melihat lebih jauh riset yang dilakukan masing-masing pihak. “Kunjungan ini bertujuan untuk lebih saling mengenal masing-masing pihak untuk menformulasikan kerjasama riset kedepannya,” tuturnya.

 

Dalam kegiatan ini, seluruh kelompok riset (KR) di lingkungan PRE dapat terlibat aktif khususnya KR divais sensor dan aktuator, KR divais PV dan elektronika fungsional maju, dan KR Sistem Bioelektronika dan Biosensing. Sinergy seluruh KR untuk mendukung kerjasama ini sangat diperlukan sesuai kompetensi dan fokus risetnya masing-masing.

 

Yusuf menjelaskan melalui kegiatan ini dapat menginisasi riset untuk mengintegrasikan divais sensor dan energy harvesting sehingga dapat mewujudkan self-powered sensor devices untuk daerah remote yang jauh dari sumber energy tenaga listrik. “Dengan kunjungan ini adalah lebih saling mengenal satu sama lain dan kedepannya dapat terjalin kolaborasi riset dalam bentuk Collaboration Research Agreement (CRA) dan mobilisasi periset diantara kedua belah pihak,” harapnya.

 

Diakhir kegiatan, Prof. Tominaga bersama kedua mahasiswanya dan peserta melakukan kunjungan ke infrastruktur Fasilitas riset beruba laboratorium khususnya untuk mendukung riset divais elektronika di KST Samaun Samadikun. (kg)