• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 223 ) Aug 11, 2023

Jajaki Kerja Sama, Dosen Pertanian Universitas Brawijaya kunjungi KKI Kebun Raya Purwodadi BRIN


Purwodadi-Humas BRIN. Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya kunjungi Kawasan Konservasi Ilmiah (KKI) Kebun Raya Purwodadi BRIN Rabu (9/8). Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka ingin mengenal dan mendapatkan informasi mengenai BRIN sebagai lembaga riset yang baru dibentuk oleh pemerintah, baik mengenal BRIN secara kelembagaan dan berdiskusi dengan para peneliti di BRIN mengenai berbagai peluang kerja sama yang dapat dijalin antara Departemen Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dengan BRIN. Hadir dalam kunjungan tersebut adalah beberapa guru besar, dosen dan pengelola laboratorium.

 

Tulabi, Subkoordinator Pengelola Koleksi Ilmiah di KKI Kebun Raya Purwodadi menyampaikan bahwa Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu kawasan konservasi ilmiah yang dimiliki BRIN. "Ini merupakan laboratorium alam yang besar dengan luas 85 hektar dan dapat dimanfaatkan oleh para akademisi (dosen dan mahasiswa) sebagai lokasi pembelajaran lapangan untuk melengkapi pembelajaran di perkuliahan dan laboratorium universitas" ujarnya saat menerima kunjungan tersebut. 

 

Nurul Aini Dosen dan Guru besar Departemen Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan BRIN menerima kunjungan kerja kami di Kawasan Konservasi Ilmiah Kebun Raya Purwodadi BRIN.  Dirinya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan proses pembelajaran, kami melibatkan mitra yang salah satunya adalah BRIN sebagai lembaga riset pemerintah.

 

Oleh karena itu, besar harapan kami agar dapat terus terjalin kerja sama antara BRIN dengan Departemen Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya utamanya dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan riset dan inovasi bersama” ujar Nurul.

 

Dalam diskusi, Djajadi Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Hortikultura dan Perkebunan Organisasi Riset Pertanian dan Pangan BRIN menyampaikan bahwa para Peneliti BRIN membuka luas kesempatan kerja sama baik dalam program riset maupun pembimbingan kepada mahasiswa. Menurutnya, BRIN memiliki banyak peneliti dengan berbagai kepakaran yang tergabung dalam organisasi riset dan pusat riset serta kelompok riset, selain itu terdapat berbagai fasilitas riset di BRIN yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan riset oleh dosen dan mahasiswa yang tentunya harus berkolaborasi dengan periset yang ada di BRIN.

 

Selain berdiskusi, Dosen Departemen Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya diajak mengelilingi KKI Kebun Raya Purwodadi BRIN. Untuk melihat dan mengenali berbagai macam tumbuhan dataran rendah kering yang dikoleksi oleh Kebun Raya Purwodadi, mempelajari koleksi tumbuhan tersebut untuk menggali potensi kerja sama yang dapat dilakukan di bidang riset pertanian dan pangan serta pelestarian dan pengembangan biodiversitas tumbuhan dan etnobotani. (mya/ed:frw)