• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 322 ) Aug 1, 2023

Inovasi BRIN Malam Batik Sawit Tembus Top 45 Inovasi Terpuji Tahun 2023


Jakarta, Humas BRIN. Malam Batik Sawit (MBS) menjadi Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang meraih peringkat Top 45 Inovasi Terpuji Tahun 2023. Pengumuman raihan prestasi tersebut disampaikan secara langsung melalui kanal Youtube Kementerian PANRB, Senin, (31/7).

Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No.558 Tahun 2023 tentang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2023.

Nur Tri Aries Suestiningtyas, Sekretaris Utama BRIN mengungkapkan bahwa semua inovasi yang diikutsertakan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2023 adalah inovasi bagus semua dan sangat bisa meningkatkan pelayanan publik di instansi pemerintah, khususnya di BRIN. "Ini sebagai suatu inovasi yang sesuai dengan tuntutan reformasi birokrasi hadirnya pelayanan publik yang berdampak bagi masyarakat. Kedepannya BRIN akan berusaha selalu melakukan peningkatan layanannya dengan hadirnya inovasi-inovasi berikutnya, seiring dengan waktu keberadaan BRIN yang sudah lebih dari 2 tahun. Diharapkan inovasi BRIN yang ada di unit kerja sudah dapat memberikan dampak inovasi tahun berikutnya. Semoga keberadaan instansi BRIN selalu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," tutur Nur.

Wahyu Purwanto, sebagai anggota tim inovator MBS dalam keterangan sebelumnya menjelaskan bahwa inisiasi dari inovasi ini pada dasarnya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan bahan dasar pembuatan malam yang sebagian besar masih impor. Ide ini juga didasarkan pada pembuatan produk alternatif yang lebih ramah lingkungan. Lewat MBS ini bahan malam untuk batik yang sebagian besar masih impor bisa digantikan dengan bahan yang diproduksi dari industri sawit lokal. MBS sendiri mudah direplikasi karena alat yang digunakan dalam proses produksi cukup sederhana, ujar periset Pusat Riset Agroindustri BRIN tersebut.

Deputi Bidang Pelayanan Publik KemePANRB, Diah Natalisa pada pengumuman Top 45 memaparkan bahwa Proses penilaian yang memakan waktu selama tiga (3) bulan sejak bulan Mei hingga Juli 2023. Penilaian KIPP dilakukan secara independent oleh tim evaluasi dan tim panel independent tanpa intervensi dari pihak manapun. Top Inovasi yang terdiri dari Top 99 kelompok Umum; 15 inovasi Kelompok Khusus telah menjalani proses penilaian lanjutan berupa presentasi dan wawancara serta verifikasi dan observasi lapangan beberapa waktu lalu. Penilaian tersebut menghasilkan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji terdiri dari Top 45 Inovasi Kelompok Umum dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2023. Inovasi-inovasi diharapkan dapat direplikasi secara luas baik didalam satu instansi dan juga antar instansi yang lainnya, terangnya. (dsa/edt.sj/pur)

Sumber : https://www.brin.go.id/news/113845/inovasi-brin-malam-batik-sawit-tembus-top-45-inovasi-terpuji-tahun-2023