• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 55 ) May 24, 2024

Edukasi Sains Antariksa, BRIN Terima Kunjungan dari SMP Negeri 18 Pontianak


Pontianak-Humas BRIN. BRIN Kawasan Kerja Bersama menerima kunjungan dari siswa-siswi SMP Negeri 18 Pontianak. Kunjungan ini berlangsung selama tiga hari mulai Senin hingga Rabu (20-22/5), dari pukul 13.00-15.00 WIB. Setiap sesi diisi oleh dua kelas, mulai dari kelas 7A hingga 7F, dengan total perkiraan peserta mencapai 210 siswa dan 2 guru pendamping.


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Subkoordinator Layanan Umum BRIN Pontianak, Helmi Surya Saputra, S.T. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat kepada siswa-siswi SMP Negeri 18 Pontianak.


Pelaksana fungsi Humas Miswari, menjelaskan tentang berbagai penelitian  yang dilakukan oleh BRIN Pontianak, memberikan wawasan kepada siswa mengenai peran penting lembaga riset dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Pemateri kedua  Martina, M.Pd., memberikan penjelasan mendalam tentang Matahari  dan berbagai fenomena yang terjadi pada bintang terdekat kita dan dampaknya terhadap bumi, selain itu menjelaskan Inti Matahari tempat berlangsungnya reaksi fusi hidrogen menjadi helium yang menghasilkan energi sangat besar yang suhunya sekitar 14 jutaº C, ujarnya.


Lebih jauh Martina juga menjelaskan dampak positif matahari untuk kehidupan sehari-hari sebagai Sumber energi Listrik yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sumber vitamin D alami yang baik untuk Kesehatan Membantu Proses Fotosintesis Tumbuhan Memberikan penerangan. Sedangkan dampak negatifnya Dampak Negatif (akibat paparan sinar UV) Penuaan Dini, Kanker kulit, Sunburn, Cedera Mata, terangnya.

 

“Sementara itu korona atmosfer luar matahari yang terlihat saat gerhana matahari berupa lingkaran putih yang mengelilingi matahari yang suhunya 1 juta ºC,” terangnya.


Sesi edukasi teleskop memberikan kesempatan bagi siswa untuk melihat langsung matahari secara langsung melalui teleskop. Siswa-siswi secara bergantian diberikan kesempatan untuk melihat matahari melalui teleskop.


Dengan kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi SMP Negeri 18 Pontianak dapat memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat, serta meningkatkan minat mereka dalam bidang sains dan teknologi. Harapan besar disematkan agar kunjungan ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengeksplorasi dan memahami alam semesta serta berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan di masa depan. (msr)