• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 137 ) Jun 16, 2024

Dosen dan Mahasiswa Peternakan IPB, Kunjungi Lab Genomik BRIN Jajaki Kolaborasi Riset


Cibinong – Humas BRIN. Kamis pagi (13/06), kembali Laboratorium Genomik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Soekarno Cibinong, menerima kunjungan ilmiah dari delapan mahasiswa Program Pascasarjana (S2) Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor. 


Seorang dosen membersamai para mahasiswa IPB tersebut, yakni Dr. Maria Ulfah, S. Pt., MSc. Agr., Dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor.


Rombongan diterima langsung oleh Koordinator Layanan Humas KST Soekarno BRIN, Suzan Lesmana di Laboratorium Genomik BRIN. Dirinya menjelaskan skema layanan, magang, tugas akhir mahasiswa yang dijalankan di BRIN. Termasuk skema kerja sama yang dapat menjadi pilihan berkolaborasi antara IPB dan Pusat-pusat riset di BRIN. 


Tak sendirian, Suzan ditemani Bening Farawan selaku Tim Koordinasi Kunjungan dan Rendi Palar Periset dari Direktorat Pengelolaan Laboratorium, Fasilitas Riset, dan Kawasan Sains dan Teknologi, DIRI BRIN.


Setelah saling memperkenalkan diri, Rendi Palar mulai menjelaskan laboratorium yang beroperasi di Lab Genomik di lantai 1, termasuk Lab Cryo-EM. Rendy juga menerangkan fasilitas Lab Genomik di lantai 4. 


“Memperkenalkan fasilitas penelitian kepada masyarakat/public, khususnya untuk kalangan universitas dapat mengkatalis kolaborasi BRIN dengan pihak eksternal dalam bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan,” tuturnya kepada Humas BRIN,” papar Peneliti Ahli Pertama BRIN ini.


Sementara Bening memandu di lantai 2 dan 3. "Kunjungan mahasiswa beserta dosen pembimbing dari IPB akan mendapat wawasan praktis tentang kegiatan penelitian dan melihat fasilitas mutakhir di laboratorium kami berikut cara memanfaatkanya,” ungkapnya kepada Humas BRIN.”


“Kami percaya kunjungan ini penting untuk mendorong kolaborasi dan memperkuat jaringan ilmiah, mendukung kemajuan ilmu pengetahuan," tandas Bening.


Pada kesempatan yang sama, Maria selaku pimpinan rombongan IPB, berharap nantinya akan terjalin kolaborasi riset dengan BRIN. “Tak hanya mahasiswa, dosen-dosen IPB pun kami dorong untuk berkolaborasi dan ke depan mahasiswa dapat bekerja di BRIN dengan fasilitas riset dan lab yang modern dan maju,” pungkasnya. (sl)