• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 709 ) Dec 8, 2022

Dalam Rangka HUT DWP ke-23, BRIN Gelar Talkshow dan Aksi Kemanusiaan


Jakarta-Humas BRIN,  Dalam rangka HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-23 dan Hari Ibu ke-94, Pengurus DWP Badan Riset dan Inovasi Nasional selenggarakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 9 Desember 2022. Acara berlangsung di  Gedung B.J. Habibie Lantai 3 Jakarta. Acara diawali dengan Laporan  Ketua Panitia oleh Ibu Tri Widowati Suryantoro selaku Wakil Ketua DWP BRIN merangkap Ketua Panitia Peringatan HUT DWP ke 23 dan Hari Ibu ke-94. Tri menyampaikan bahwa kegiatan tahun ini mengusung tema “Membangun Perempuan Cerdas Untuk Memperkuat Ketahan Keluarga melalui deteksi dini Kesehatan dan Kepedulian Lingkungan di Era Digital”. 

Tri juga menyampaikan ibu adalah pilar dari keluarga dan perlu bisa secara pribadi untuk mampu menjaga kesehatan. “Kita berikan pengetahuan, dan kami berharap Ibu-ibu ini agar bisa lebih cerdas, sehingga dengan kecerdasannya Ibu-ibu bisa mendidik putra-putrinya untuk membentuk  keluarga yang lebih tahan”, tandas Tri. 

Saat ini pengurus DWP BRIN berjumlah 40 orang yang terdiri dari 3 bidang yaitu: Bidang Sosial Bidaya lebih kepada humanis dengan kegiatan rutin yang fokus terhadap sesama antara lain santunan anak yatim dan kunjungan ke panti jompo. Bidang Pendidikan, secara rutin menyelenggarakan webinar serta mengelola  Instagram sebagai ajang saling berbagi ilmu dari anggota dan untuk anggota. Bidang ketiga yaitum Bidang Ekonomi adalah bidang yang  mempunyai tusi untuk membuat  ibu-ibu anggota DWP lebih berinovasi.

Sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Tri,  Tika Mego selaku Ketua DWP BRIN, berharap anggota dan pengurus DWP BRIN  lebih solid dan lebih cerdas. ‘’Sebagai ibu rumah tangga, wanita harus smart dan tangguh serta dapat membuat keluarga lebih bahagia, seperti halnya nilai DWP BRIN yaitu SMART – TANGGUH – BAHAGIA’’ tegasnya.

Mengakhiri sambutanya Tika menggarisbawahi “Bangsa yg kuat dibangun dari keluarga yang kuat, disitulah peran seorang wanita sebagai Ibu dan pendamping suami untuk menciptakan keluarga yang harmonis dan selalu siap terhadap perubahan serta berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa”  ungkapnya.

Penasehat DWP BRIN, Danny Handoko sekaligus membuka acara HUT DWP ke-23 dan Hari Ibu ke-94 dalam sambutannya Danny menegaskan bahwa DWP BRIN adalah organisasi yang sudah menjadi layaknya rumah bagi kita semua, tempat kita berbagi serta bertukar gagasan dan semangat dalam menguatkan gerakan pemberdayaan perempuan. Danny juga berharap di Peringatan Hari Ibu ke-94 ini, para Ibu-Ibu harus mampu menjadi penggerak bagi peningkatan kualitas keluarga pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Usai pembukaan, para pengurus DWP BRIN melakukan visitasi ke area pameran dan Bazaar serta menyaksikan beberapa demo produk yang disampaikan oleh tenan peserta bazaar. DWP BRIN melibatkan 35 tenan yang berasal dari anggota DWP BRIN yang mempunyai kreasi untuk dihadirkan dalam pameran dan bazaar, mulai dari kerajinan tangan, makanan khas nusantara sampai dengan busana.

Agenda hari pertama peringatan HUT DWP ke-23 ini juga menghadirkan acara talkshow dengan tema “Cerdas Menjaga Kesehatan: Bahaya Self-Diagnosis dan Hoax Kesehatan di Era Digital”  Dengan narasumber dr.Kristin Tjandra dari Laboaratorium Prodia, peserta talkshow sangat antusias menyimak dan memberikan pertanyaan kepada narasumber. Talkshow yang dimoderatori oleh Ibu Arum Budiani, S.Psi berlangsung dengan sangat hangat dan cair.

Pojok Pelayanan Kesehatan Dasar, tempat bagi pengunjung untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan gula darah sewaktu, pemeriksaan tekanan darah, konsultasi gizi, pemeriksaan massa otot, serta pemeriksaan massa tulang yang dilaksanakan oleh tenaga medis yang berkompeten. 

Sebagai informasi Rangkaian acara diisi dengan Pameran, Bazaar, Talkshow dan seminar serta kegiatan donor darah. Dalam kegiatan donor darah DWP BRIN mengajak karyawan dan karyawati BRIN untuk peduli terhadap sesama dengan  mendonorkan darah. (aj/edt.wj)