• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 197 ) Jun 22, 2024

Civitas Kusnoto BRIN Gelar Kurban di Perayaan Iduladha


Bogor - Humas BRIN. Tak mau ketinggalan, civitas Kusnoto BRIN bersuka cita menyambut Iduladha. Civitas juga turut berpartisipasi dalam kegiatan kurban yang dilaksanakan pada Rabu (19/6) di KKB Kusnoto Bogor. 


Irpan Badrul Jamal selaku koordinator keagamaan Islam Paguyuban Kusnoto menuturkan terdapat 3 ekor sapi dan 1 ekor domba yang merupakan sapi dari para civitas Kusnoto. Dua ekor sapi lainnya merupakan sapi kurban dari presiden RI Joko widodo dengan bobot 1.040 kg dan 1 ekor sapi dari Mitra Natura Raya-Kebun Raya Bogor.


“Hampir seribu bongsang yang berisi sekitar 1 kilo daging yang disalurkan. Adapun penerima meliputi staf yang terdiri dari tim kebersihan, petugas keamanan, paspampres ring 1 dan 2 Yonif dan masyarakat umum yang berada di seputaran gedung Kusnoto seperti pedagang ataupun masyarakat umum lainnya yang kurang beruntung”, papar Irpan.


Pemotonganpun dilakukan di dua tempat. 2 sapi yang berasal dari presiden RI dan MNR dilakukan Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak, sedangkan 3 ekor sapi dari civitas dilakukan di RPH Cigombong sebagai penyedia hewan kurban sekaligus penyedia jasa pemotongan. Walau agak sedikit kemunduran waktu saat pemotongan di Cigombong, berkat kesigapan tim panitia, hewan kurban dapat disalurkan tepat waktu.


Adnan Albahry selaku ketua paguyuban Kusnoto menyatakan bahwa kegiatan ini tentu memberikan kesan yang sangat menyenangkan bagi para civitas.


“Kegiatan kurban ini menjadi salah satu  acara  dalam memfasilitasi kegiatan keagamaan bagi civitas Kusnoto BRIN sesuai tuntutan syariah. Suasana keakraban yang terbangun menciptakan momen yang menyenangkan dan meningkatkan hormon endorphin”, tutur Adnan.


Adnan pun menambahkan harapannya kegiatan seperti ini tak hanya dapat mempererat silaturahmi antar civitas, namun juga meningkatkan produktivitas dalam berkarya. (MKR)