• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 258 ) Nov 2, 2023

BRIN - UPN Veteran Jawa Timur Lakukan Riset Kembangkan Studi Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan Digital dalam Peningkatan Ekonomi Indonesia


Surabaya- Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam menjalankan tugas dan fungsinya, khususnya terkait kebijakan pengembangan kewirausahaan digital dalam peningkatan ekonomi Indonesia, menggandeng perguruan tinggi untuk kolaborasi dalam melakukan riset. Melalui Pusat Riset Kebijakan Publik (PRKP), BRIN bersepakat melakukan kerja sama riset dengan Prodi Administrasi Bisnis – FISIP Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur pada Kamis (2/11).

Koordinator Kelompok Riset Kebijakan dan Tata Kelola IPTEK dan Inovasi Anugrah Yuka menjelaskan, PRKP merupakan Pusat Riset yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Organisasi Riset Tata Kelola Pemerintahan, Ekonomi, dan Kesejahteraan Masyarakat yang mempunyai tugas melaksanakan tugas teknis penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi di bidang kebijakan publik berdasarkan Peraturan Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 16 Tahun 2022 tentang Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi Riset Tata Kelola Pemerintahan, Ekonomi, dan Kesejahteraan Masyarakat.

“Ini merupakan titik awal dari kolaborasi riset yang nantinya akan menghasilkan output yang besar, sebelumnya PRKP sendiri ini juga sudah berkolaborasi dengan berbagai Pemerintah Daerah, Industri, Perguruan Tinggi juga seperti Universitas Brawijaya, Universitas Mandalas, Muhammadiyah Ponorogo,” terang Anugrah Yuka, Koordinator Kelompok Riset Kebijakan dan Tata Kelola IPTEK dan Inovasi.

Sebagai salah satu unsur pelaksana akademik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang memiliki tugas menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu sosial dan politik tahun 1993 dan dalam perkembangan selanjutnya terbit Surat Keputusan Rektor UPN “Veteran” Jawa Timur Nomor : Skep/101/IX/2005 Tanggal 6 Mei 2005 tentang Pergantian Nama Fakultas Ilmu Administrasi UPN ”Veteran” Jawa Timur menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Untuk itu bagi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur kolaborasi riset Studi Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan Digital dalam Peningkatan Ekonomi Indonesia ini diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas dan mutu penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi di bidang kebijakan publik.

Acep Samsudin, Koordinator Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur menyampaikan “Civitas UPN dapat mengimplementasi terkait kerja sama ini, program dari BRIN ini ternyata banyak sekali mulai dari magang, researce assistance, tidak hanya untuk mahasiswa untuk dosen juga bisa mengikuti program post-doctoral yang disediakan BRIN khususnya di bidang Administrasi Bisnis. Administrasi Bisnis sendiri sebetulnya ada 5 fokus studi, salah satunya terkait kebijakan ini”

Perjanjian kerja sama ini diharapkan bisa menjadi pedoman serta upaya bersama mensinergikan tugas dan fungsi untuk menjalin kerja sama riset tentang Studi Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan Digital dalam Peningkatan Ekonomi Indonesia. Selain itu, dari kolaborasi riset ini akan dapat memperkuat, mengoptimalkan sumber daya dan kompetensi yang dimiliki oleh BRIN maupun UPN “Veteran” Jawa Timur guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing untuk berkolaborasi dalam bidang penelitian berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dari perjanjian kerja sama yang berlaku selama lima belas bulan ini nantinya akan terealisasi penelitian bersama terkait studi kebijakan pengembangan kewirausahaan digital dalam peningkatan ekonomi Indonesia; pertukaran data dan/atau informasi serta ilmu pengetahuan dalam rangka mendukung pelaksanaan riset sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Selain itu, memungkinkan juga dilakukannya pertukaran personil dan/atau tenaga ahli dalam rangka mendukung pelaksanaan riset sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku; pemanfaatan bersama fasilitas serta sarana dan prasarana pendukung yang dimiliki kedua belah pihak; pembimbingan dan supervisi mahasiswa yang terlibat dalam rangka mendukung pelaksanaan riset; serta menghasilkan publikasi karya tulis ilmiah pada jurnal dan/atau prosiding ilmiah. (dsf/ed:frw)