• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 221 ) Nov 3, 2023

BRIN Siapkan Rencana Optimalisasi Peran PPID, Perkuat Keterbukaan Informasi Publik


Semarang - Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berperan aktif dalam mendukung Anugerah Humas Indonesia tahun 2023 yang diadakan oleh PT Media Humas Indonesia. Pada Kamis, 2 November, di Semarang, Jawa Tengah, BRIN melalui Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan (IBKPUK) turut serta dalam Workshop dengan tema "Keterbukaan Informasi untuk Keberlanjutan Badan Publik yang Bereputasi."


Koordinator Pelayanan Publik dan PPID BRIN Jasyanto , menjadi salah satu narasumber yang mengisi materi dengan judul “Transformasi Keterbukaan Informasi Publik melalui Inisiatif Program Berkelanjutan BRIN”  menjelaskan tantangan yang dihadapi BRIN saat awal berdirinya, termasuk banyaknya unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia, karakteristik pegawai yang beragam, kebijakan internal yang membatasi periset untuk melakukan pekerjaan administrasi, perubahan sarana dan prasarana, serta tingginya permintaan informasi.


"Saat BRIN pertama kali berdiri, kami menghadapi sejumlah tantangan yang signifikan. Banyaknya unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia, karakteristik pegawai yang beragam, kebijakan internal yang membatasi periset untuk melakukan pekerjaan administrasi, perubahan sarana dan prasarana, serta tingginya permintaan informasi merupakan beberapa di antaranya." ujar Jasyanto.


Meskipun menghadapi berbagai kendala tersebut, BRIN tetap bersemangat untuk mencari solusi. Tim PPID BRIN dibentuk untuk menjawab tantangan tersebut, dengan fokus pada pelaksanaan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Mereka melakukan pendataan pelayanan dan pengaduan, membuat Portal PPID, memberdayakan fungsi PPID, melakukan supervisi, pendampingan, serta memperkuat database informasi BRIN.


Jasyanto juga mencatat bahwa BRIN menangani pengaduan SP4N-LAPOR. Selain itu, BRIN berpartisipasi dalam berbagai kompetisi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran mereka. Salah satu pencapaian terbaru adalah meraih Predikat Kualitas Tinggi dalam Penganugerahan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 dan predikat Pelayanan Prima pada beberapa unit kerjanya.


BRIN memiliki rencana kedepan untuk mengoptimalkan peran PPID dalam mendukung program Keterbukaan Informasi Publik yang berkelanjutan. Rencana ini mencakup sertifikasi pengelolaan PPID dengan manajemen mutu (ISO 9001:2015), pembuatan aplikasi pelaporan PPID BRIN dan PPID Pelaksana, pengembangan aplikasi pengelolaan SP4N-LAPOR Internal, serta menguji publik setiap regulasi terkait masyarakat.


Jasyanto menegaskan keterbukaan PPID BRIN untuk masyarakat, siap untuk berdiskusi, dan menyediakan regulasi yang dapat diakses oleh yang membutuhkan. Dia juga mengapresiasi upaya PT Media Humas Indonesia dalam menghadirkan para Humas berkualitas di instansi pemerintah. Anugerah Humas Indonesia tahun 2023 adalah upaya yang patut diapresiasi dalam mendukung layanan kehumasan di instansi pemerintah yang melibatkan berbagai perwakilan Humas dari berbagai sektor. (dsa/sj).