• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 83 ) Sep 26, 2024

BRIN Perkenalkan Teknologi Smart Micro Grid kepada Siswa SMK Negeri 12 Bandung


Tangerang Selatan – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi (PRKKE) memperkenalkan teknologi Smart Micro Grid kepada para siswa SMK Negeri 12 Bandung pada Kamis (26/9). Smart Micro Grid yang dikembangkan di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie, Serpong, menggunakan sistem photovoltaic (PV) berkapasitas 100 kW. Teknologi ini dirancang untuk memanfaatkan energi surya dalam menghasilkan listrik.


Sistem Smart Micro Grid terdiri dari dua bagian. Sistem pertama berkapasitas 10 kW yang dilengkapi dengan baterai dibangun pada 2017. Energi yang dihasilkan digunakan untuk mengoperasikan gedung Laboratorium PRKKE dan mengisi daya baterai. Saat baterai penuh, kelebihan energi disalurkan ke jaringan PLN. Selain itu, jika terjadi pemadaman listrik, sistem ini dapat menyuplai energi ke lantai 3 gedung tersebut. Pada 2018, BRIN menambahkan sistem PV berkapasitas 90 kW tanpa baterai untuk memanfaatkan area atap dalam menghasilkan listrik dari sinar matahari.


"Ini adalah sistem monitoring, dari sini kita bisa melihat output yang dihasilkan secara real-time," ujar Eka Nurdiana, Perekayasa Ahli Muda dari PRKKE. "Pagi ini, sistem 10 kW mampu menghasilkan 6-7 kW, sementara sistem 90 kW menghasilkan 54 kW. Semakin siang, output energi akan meningkat mendekati kapasitas maksimalnya," jelas Eka kepada siswa SMK Negeri 12 Bandung.


Selain itu, Eka menjelaskan bahwa PRKKE juga memiliki Weather Station untuk merekam data terkait radiasi matahari, kecepatan angin, suhu, dan kelembapan udara. Data ini penting untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut dari Smart Micro Grid.


Dalam kunjungan ini, para siswa diberikan kesempatan untuk melihat langsung panel surya yang terpasang di atap gedung. Antusiasme siswa terlihat tinggi, terutama dalam mempelajari teknologi energi terbarukan yang dikembangkan oleh BRIN.


Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa terkait teknologi energi terbarukan dan memotivasi mereka untuk berperan aktif dalam riset dan inovasi demi kemajuan Indonesia.(ark,ar/edt.aj,sj)