• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 56 ) Sep 5, 2024

BRIN Perkenalkan Teknologi Charging Station dan Bioteknologi kepada Siswa SMPIT


Puspiptek Serpong – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkenalkan teknologi Charging Station kendaraan listrik yang aman serta bioteknologi modern kepada 84 siswa dan 10 guru pendamping dari SMPIT Tunas Harapan Ilahi Tangerang. Kunjungan edukatif yang dilakukan di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie, Serpong ini bertujuan untuk memperluas wawasan siswa terkait perkembangan inovasi dan teknologi di Indonesia pada Kamis (5/9)

“Hari ini kami mendapat kesempatan untuk melakukan observasi lapangan, biasanya teman-teman SMPIT Tunas Harapan Ilahi hanya belajar dari materi, namun di sini mereka bisa melihat langsung bioteknologi dan juga mendapatkan kesempatan wawancara langsung dengan para periset,” ujar Azatul Isma, Ketua Pelaksana Kegiatan Observasi Lapangan SMPIT Tunas Harapan Ilahi.

Di Laboratorium Bioteknologi, siswa disambut oleh Alkindi, Manajer Lab Pertanian, yang menjelaskan tentang bioteknologi sebagai gabungan dari biologi dan teknologi. "Bioteknologi adalah ilmu dan teknologi terapan yang memanfaatkan makhluk hidup untuk memproduksi barang atau jasa yang bermanfaat bagi manusia," kata Alkindi. Hendi Saleh Permana, Perekayasa pada Direktorat Pengelolaan Laboratorium, menjelaskan lebih lanjut tentang fermentor atau bioreaktor, sebuah sistem yang mampu mendukung reaksi biokimia dari bahan mentah menjadi produk yang diinginkan.

Selain itu, para siswa juga mengunjungi Pusat Riset Konservasi dan Konversi Energi (PRKKE), di mana Arief Kurniawan memberikan paparan tentang desain Charging Station yang aman. "BRIN berpengalaman dalam mendesain Charging Station yang aman dengan mengacu pada standar IEC, dilengkapi dengan fitur seperti DC UPS, sensor dan alarm antibanjir, pemutus arus, sistem ventilasi paksa, serta sensor suhu dan api," jelas Arief.

Kunjungan diakhiri dengan sesi foto bersama para siswa dan guru pendamping. (gp/edt.aj,sj)