• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 593 ) May 12, 2022

BRIN Masuk Top 51 Pengelola Pengaduan Publik Terbaik


Jakarta-Humas BRIN – Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ditetapkan menjadi salah satu yang terbaik dari 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).


BRIN ditetapkan menjadi yang terbaik pada kategori Instansi Pemerintah Umum. Ada 30 peserta yang termasuk dalam kategori ini yang berasal dari berbagai Kementerian / Lembaga, pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten / kota. Hasil ini ditetapkan setelah dilakukan evaluasi dokumen pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang keempat tahun 2022. Prosedur penilaian yang dilakukan sesuai dengan Keputusan Menteri PANRB No. 1473/2021 yang menjadi pedoman penyelenggaraan kompetisi ini.


Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyampaikan bahwa secara total terdapat 434 proposal atau borang mandiri yang diperiksa dan dinilai. “Prosedur penilaian sesuai dengan Keputusan Menteri PANRB No. 1473/2021 yang menjadi pedoman penyelenggaraan kompetisi ini,” ujar Diah pada Rapat Pleno Hasil Evaluasi Dokumen, di Jakarta, Selasa (10/05).


Sementara itu pada kesempatan yang sama, Koordinator Pelayanan Publik dan PPID, Jasyanto, menyampaikan bahwa meskipun saat ini BRIN masih dalam proses kolaborasi dan Integrasi, tetapi masih bisa berpartisipasi mengikuti kompetisi. Hal ini dipandang sebagai tantangan dalam proses kolaborasi dan integrasi di dalam BRIN.


“Sebuah tantangan bagi BRIN untuk ikut serta dalam kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Keikutsertaan dalam kompetisi seperti ini menjadi pemacu semangat untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi setiap pengaduan masyarakat yang masuk. Kami mohon dukungan agar bisa menjadi yang terbaik” ujar Jasyanto.


Jasyanto menambahkan bahwa ke depannya BRIN akan melakukan percepatan dalam penyempurnaan sistem pengaduan dan pelaporan di internal BRIN. Mekanisme penanganan laporan diupayakan untuk dapat ditindaklanjuti secara cepat sesuai waktu yang ditentukan dalam undang-undang.


Setelah penetapan hasil ini, BRIN bersama dengan peserta lainnya akan masuk ke dalam tahap evaluasi lanjutan/wawancara. Pada proses ini penilaian dilakukan melalui proses presentasi, wawancara, dan observasi lapangan jika dibutuhkan. Presentasi dan wawancara dilakukan secara bersamaan di hadapan Tim Evaluasi yang rencananya dilaksanakan mulai 23 Mei 2022.




Berikut Daftar Top 51 Peserta Terbaik:

a. Kategori Outstanding Achievement

1. Pemerintah Kabupaten Demak

2. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

3. Badan Pengawas Obat dan Makanan

4. Pemerintah Provinsi Jawa Timur

5. Pemerintah Kabupaten Sleman

6. Pemerintah Kota Banjar Baru


b. Kategori Instansi Pemerintah

1. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional

2. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

3. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia

4. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia

5. Kementerian Keuangan

6. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah

7. Badan Riset dan Inovasi Nasional

8. Badan Kepegawaian Negara

9. PT Pertamina (Persero)

10. Pemerintah Provinsi Bali

11. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

12. Pemerintah Provinsi Aceh

13. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

14. Pemerintah Kota Mojokerto

15. Pemerintah Kota Batam

16. Pemerintah Kota Mataram

17. Pemerintah Kota Kediri

18. Pemerintah Kota Denpasar

19. Pemerintah Kota Pontianak

20. Pemerintah Kota Surabaya

21. Pemerintah Kota Ambon

22. Pemerintah Kabupaten Gowa

23. Pemerintah Kabupaten Malang

24. Pemerintah Kabupaten Muara Enim

25. Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan

26. Pemerintah Kabupaten Tangerang

27. Pemerintah Kabupaten Sumedang

28. Pemerintah Kabupaten Ciamis

29. Pemerintah Kabupaten Banjar

30. Pemerintah Kabupaten Agam


c. Kategori Unit Pelayanan Publik

1. Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia

2. Kantor Pertanahan Kota administrasi Jakarta Timur - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional

3. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai - Kementerian Keuangan

4. Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

6. Direktorat Registrasi Pangan Olahan - Badan Pengawas Obat dan Makanan

7. Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang

8. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau

9. Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Provinsi Bali

10. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak

11. Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang

12. Inspektorat Daerah Kabupaten Malang

13. Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Serdang Bedagai

14. RSUD Bendan Kota Pekalongan

15. Puskesmas Janti Kota Malang



#ReformasiBirokrasiBRIN
#ProfesionalOptimisProduktif