• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 390 ) Apr 5, 2024

BRIN Launching Kegiatan HUT 3 Tahun #BRINteraksi untuk Indonesia Maju


Jakarta – Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional telah memasuki tahun ketiga sejak mulai berinteraksi 3 tahun yang lalu di tahun 2021. Kepala Biro Komunikasi, Publik, Umum, dan Kesekretariatan BRIN Driszal Fryantoni mengatakan selama 3 tahun berinteraksi BRIN tetap konsisten untuk membentuk suatu kepentingan ekosistem riset yang lebih terarah menuju Indonesia emas 2045, salah satunya didukung oleh faktor riset dan inovasi itu sendiri.


“Jadi setelah 3 tahun kita berinteraksi mudah-mudahan berinteraksi yang semakin baik, kita bisa memberikan suatu sentuhan-sentuhan atau informasi-informasi kepada masyarakat apa sih yang sudah kita lakukan selama 3 tahun,” tutur Driszal dalam sambutannya pada webinar BRIEF edisi ke 115 pada Jumat (05/04).


Sebagai bentuk rasa syukur sudah memasuki tahun ke 3 tepatnya pada tanggal 28 April 2024, BRIN telah mempersiapkan rangkaian kegiatan lomba yang dapat diikuti oleh civitas BRIN. “Mudah-mudahan berinteraksinya kita sesama civitas BRIN itu dapat memberikan dampak positif yang lebih mempunyai arti bagi pembangunan di negara Republik Indonesia,” tutur dia.


Dirinya mengatakan HUT ke 3 BRIN kali ini akan mengambil tema 3 tahun berinteraksi untuk Indonesia maju. “Nanti akan ada segmen lomba yang memang kita harapkan banyak partisipasi dari teman-teman untuk ikut serta,” ujar Driszal.


“Pelaksana kegiatan HUT yang ketiga BRIN tahun ini saya sangat mengharapkan partisipasi dari semua teman-teman untuk bisa dapat menyemarakkan HUT BRIN yang ketiga ini,” ujar Drszal.


“3 tahun kita berinteraksi semoga dengan kemuliaan ini lebih mempererat kita untuk meningkatkan interaksi dan kolaborasi kita untuk mencapai tujuan ataupun amanah yang dititipkan kepada BRIN,” lanjutnya.


Fakhri Zakaria selaku ketua panitia HUT BRIN ke 3 mengatakan bahwa puncak acara HUT sendiri rencananya akan diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 28 April 2024.


Dikatakan Fakhri, Logo 3 tahun BRIN ini memiliki filosofi bahwa di usia 3 tahun ini BRIN akan berdiri namun selalu tetap melengkapi walaupun kita berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.  


Fakhri juga mengatakan ada beberapa event lomba yang akan dibuka untuk memeriahkan HUT BRIN ke 3 dengan puncaknya nanti pada tanggal 28 April 2024. “Untuk free event-nya sudah diluncurkan pada tanggal 1 April 2024 lalu, ada kegiatan lomba science in 90 second dengan basisnya ini adalah video reals dan tik tok ini terbuka untuk para periset untuk membuat video tentang kegiatan hasil riset baik itu jurnal maupun aktivitas riset lainnya dalam format video maksimal satu setengah menit atau 90 detik yang nanti di-upload di akun Instagram dan Tik Tok masing-masing, tersedia hadiah dari dukungan sponsor kita Bank BRI,” jelasnya.


“Untuk rekan-rekan yang punya hobi menulis kita juga membuat program lomba menulis artikel populer dengan tema 3 tahun BRIN hadir di tengah masyarakat, formatnya artikel ilmiah populer untuk nanti ada tiga orang pemenang yang selain mendapatkan hadiah dari Bank BRI juga nanti artikelnya akan dipublikasikan di website,” ujarnya.


“Kemudian yang ketiga ini untuk teman-teman yang mungkin senang dengan kegiatan lari kita membuatkan virtual run challenge yaitu minimal 3 km per hari selama 19-25 April 2024, registrasinya hari ini terakhir silakan untuk bisa mendaftar nanti akan ada hadiah menarik dari Bank BRI,” lanjutnya.


Dirinya menjelaskan virtual run challenge ini dipilih karena saat ini bertepatan dengan bulan Ramadhan sehingga diharapkan bagi peserta dapat menyesuaikan waktu berlarinya dengan aktivitas ibadah puasa.


Dikatakannya juga pengumuman lomba-lomba ini sudah dipublis silahkan di media sosial BRIN Indonesia dan broadcast informasi di intrabrin.


“Silakan untuk bisa ikut berpartisipasi dan kita meramaikan lini masa kita dengan konten-konten sesuai sebagai lembaga riset,” lanjutnya.


Dia juga mengatakan kegiatan puncak di tanggal 28 April 2024 akan dipusatkan di thamrin yang akan diisi dengan kegiatan jalan sehat civitas BRIN, pameran layanan publik dan Zumba yang bertempat di Bundaran HI. Tentunya kegiatan HUT juga akan dimeriahkan dengan acara family day 3 tahun #BRINteraksi.


“Selain itu di saat yang bersamaan kita juga menyelenggarakan kegiatan germas di 12 kawasan yaitu di Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Palembang, Medan, Ambon, Pontianak, Banjarmasin, Lampung, Manado, dan Jayapura,” tutup Fakhri. (nnp)