• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 46 ) Sep 15, 2024

BRIN Kawasan Pontianak terima Mahasiswa PPL


Pontianak-Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Pontianak menyambut dua mahasiswa dari program studi Studi Agama-Agama (SAA), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, untuk mengikuti program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Mahasiswa tersebut adalah Satya Putri Insani dan Nadia Ika Suryani, yang akan melaksanakan magang di BRIN Pontianak dari tanggal 11 September hingga 20 Oktober 2024.


Kedatangan mahasiswa PPL ini disambut oleh pelaksana fungsi Humas BRIN Miswari, Sub Koordinator Layanan umum Helmi Suryaputra serta Periset Bahasa Sastra dan Arkeologi.


Dalam sambutannya Helmi menyampaikan rasa terima kasih dan menyambut baik kehadiran mahasiswa SAA yang akan melaksanakan kegiatan PPL selama satu bulan ke depan. "Kami menyambut dengan baik mahasiswa SAA yang akan melaksanakan kegiatan PPL dalam jangka waktu 1 bulan ke depan," Ujarnya.


Periset Bahasa Sastra dan Arkeologi Martina menyampaikan mahasiswa SAA yang mengikuti program PPL ini diberi tugas untuk membuat artikel ilmiah dengan bimbingan yang akan diberikan oleh pembimbing yang telah ditunjuk oleh BRIN. Pembimbing yang bertanggung jawab dalam proses ini adalah Ibu Syarifah Lubna dan Ibu Irma. "Tugas mahasiswa di BRIN adalah membuat artikel di bawah bimbingan pembimbing yang sudah kami tetapkan, yaitu Bu Syarifah Lubna dan Bu Irma," jelas Martina.


Penyerahan mahasiswa PPL ini dilakukan secara resmi oleh Ketua Program Studi SAA sekaligus dosen pembimbing lapangan, Elmansyah, S.P.D.I., M.Si. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa PPL tersebut diserahkan untuk mendapatkan bimbingan lebih lanjut terkait penelitian yang dilakukan di BRIN. 


"Saya menyerahkan mahasiswa untuk dibimbing lebih dalam mengenai penelitian di BRIN," ujar Elmansyah.


Selain memperkenalkan mahasiswa pada dunia riset, program PPL ini juga bertujuan untuk membangun sinergi yang lebih kuat antara IAIN Pontianak, khususnya Program Studi SAA, dengan BRIN Pontianak. Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman yang berharga dalam proses penelitian dan pada saat yang sama memberikan kontribusi positif terhadap program-program riset yang sedang berlangsung di BRIN Pontianak, pungkas Elmansyah.


Dengan berlangsungnya program PPL ini, kedua belah pihak berharap bahwa kolaborasi antara lembaga riset dan institusi pendidikan akan terus terjalin dengan baik, sehingga dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi di Indonesia.(msr)